Palembang didorong jadi `Smart City` Terkait AG

id palembang, smart city, Asian Games ke-18, Wali Kota Palembang, Harnojoyo

Palembang didorong jadi `Smart City` Terkait AG

Gedung kantor Wali Kota Palembang (Foto Antarasumsel.com/M. Deden Baihaqi/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kota Palembang, Sumatera Selatan, didorong menjadi kota cerdas yang terhubung dengan sejumlah aplikasi teknologi informasi `smart city` untuk menunjang peran sebagai tuan rumah Asian Games ke-18 tahun 2018.

Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Senin, saat meninjau Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palembang, mengatakan, selama ini pemantauan lapangan masih dilakukan secara manual tapi ke depan dengan adanya aplikasi smart city ini memungkinkan data diperoleh dengan cepat.

"Tahun ini akan ada kerja sama dengan Unsri (Universitas Sriwijaya) untuk menyiapkan data-data lalu lintas di Palembang. Nanti masyarakat dapat langsung mengakses dari telepon seluler," kata Harnojoyo.

Ia mengatakan sarana dan prasarana komunikasi menjadi perhatian penting pada perhelatan Asian Games mendatang.

Lantaran itu pula Prancis berencana menghibahkan dana senilai Rp750 miliar untuk membangun sistem teknologi informasi "smart city" di Palembang.

Bantuan ini diberikan sebagai wujud kepedulian Prancis terhadap negara-negara di Asia dalam program realisasi dana darurat dunia.

"Ada dua kota di Indonesia yang diinginkan Prancis, yakni Jakarta dan Palembang. Mengapa keduanya, karena nanti pada 2018 akan ada ribuan orang berkumpul untuk mengikuti Asian Games, sehingga Prancis menilai sistem `smart city` akan sangat bermanfaat bagi kedua kota ini," kata dia.

Ia menjelaskan, sudah saatnya Palembang memiliki satu pusat kontrol penanganan krisis yang lebih modern yakni menyuguhkan data yang akurat dan `realtime`.

"Selama ini, para pengambil kebijakan menerima data lapangan dari laporan yang disampaikan secara lisan atau tertulis. Artinya, ada jedah waktu untuk menunggu dan ada kemungkinan tidak akurat. Namun, dengan sistem smart city maka kejadian akan diketahui secara langsung dari tempat berbeda melalui kamera pengintai," kata dia.