Objek wisata Sumsel dibenahi sambut Asian Games

id wisata, pariwisata, disbudpar, phri, wisatawan, objek wisata, objek wisata sumsel dibenahi

Objek wisata Sumsel dibenahi sambut Asian Games

Jembatan Ampera salah satu objek wisata andalan Palembang. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah/12)

...Saat berlangsungnya pesta olahraga negara-negara kawasan Asia itu, akan banyak datang atlet dan tamu undangan ke daerah ini yang kemungkinan besar akan mengunjungi berbagai objek wisata...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Objek wisata di Kota Palembang dan sejumlah daerah Sumatera Selatan secara bertahap dibenahi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata provinsi untuk menyambut kunjungan tamu pada saat Asian Games 2018.

"Saat berlangsungnya pesta olahraga negara-negara kawasan Asia itu, akan banyak datang atlet dan tamu undangan ke daerah ini yang kemungkinan besar akan mengunjungi berbagai objek wisata, menghadapi kondisi itu perlu dilakukan persiapan dan pembenahan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan Irene Camelyn di Palembang, Rabu.

Menurut Irene, provinsi berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa itu memiliki aneka ragam objek wisata, mulai dari wisata budaya, sejarah, hingga wisata alam.

Beberapa objek wisata yang dibenahi untuk dipersiapkan menyambut tamu Asian Games seperti Benteng Kuto Besak (BKB) yang berada di samping ikon Kota Palembang jembatan Ampera.

Kemudian objek wisata Bukit Siguntang sebagai tempat sakral yang menyimpan cerita dan kisah dari Kerajaan Sriwijaya dengan ketinggian sekitar 30 meter dari permukaan laut merupakan titik tertinggi di Kota Palembang.

Di puncak Bukit Siguntang juga terdapat tujuh makam yang dikaitkan dengan tokoh-tokoh raja, bangsawan dan pahlawan Melayu-Sriwijaya yakni makam Raja Sigentar Alam, Putri Kembang Dadar, Putri Rambut Selako, Pangeran Raja Batu Api, Panglima Bagus Kuning, Panglima Bagus Karang dan Panglima Tuan Djundjungan yang diyakini bisa menarik banyak pengunjung.

Dinas Pariwisata akan melakukan pembenahan menggunakan dana anggaran daerah dan juga dana bantuan dari pemerintah pusat.

Salah satu objek wisata yang pembenahannya mendapat dukungan dana dari pusat adalah Bukit Siguntang Palembang.

Upaya tersebut diharapkan dapat memberikan kesan positif kepada tamu yang datang dari berbagai negara kawasan Asia dan diharapkan dapat membantu mempromosikan pariwisata Sumsel dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan asing Sumatera Selatan.