Sekitar 70 persen produk kelapa sawit diekspor

id kelapa sawit, ,ekspor, impor, produk kelapa sawit, kebutuhan domestik, dalam negeri, Perkebunan Kelapa Sawit

Sekitar 70 persen produk kelapa sawit diekspor

Seorang pekerja memuat bongkahan kelapa sawit keatas mobil truck di pinggir jln raya Palembang-Prabumulih.(Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/Den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sekitar 70 persen produk kelapa sawit Sumatera Selatan sekarang ini diekspor, sedangkan 30 persen lagi untuk kebutuhan domestik atau dalam negeri.

Anggota Komisi II DPRD Sumatera Selatan Robby B Puruhita menyampaikan hal itu terkait dengan kunjungan kerja komisi tersebut ke Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit di Palembang, Jumat.

Menurut dia, ke depan kalau bisa produk kelapa sawit yang diperuntukan di dalam negeri lebih besar daripada diekspor.

Hal itu dilakukan supaya bisa bargaining (tawar) harga produk kelapa sawit tersebut. Dengan begitu maka soal harga produk kelapa sawit bisa diatur, katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya ke depan kalau bisa dialihkan lebih banyak ke dalam negeri saja daripada diekspor.

Sementara mengenai kunjungan kerja Komisi II DPRD Sumsel ke Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit, mereka ingin supaya dana-dana itu juga diberikan kepada daerah yang merupakan penghasil kelapa sawit.

"Kita ingin daerah juga bisa mendapatkan dana itu, terutama di daerah yang merupakan penghasil kelapa sawit," ujarnya.

Apalagi di Sumatera Selatan salah satu daerah penghasil kelapa sawit yang lahannya cukup luas sekitar satu juta hektare, katanya.

Sentra perkebunan kelapa sawit di Sumsel antara lain di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ilir, Musibanyuasin dan Banyuasin termasuk di Kabupaten Musirawas.