Jumat, 24 Februari 2017

Kapolri puji Sistem SIM online

id Kapolri, sim online, sim, surat izin mengemudi, sistem online
Kapolri puji Sistem SIM online
Polresta Palembang melayani warga yang memperpanjang SIM di stand Palembang Expo. (Foto Antarasumsel.com/13/Nila Fuadi)
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memuji penerapan sistem SIM online sebagai sebuah inovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang akan mengurus perpanjangan SIM.

"Saya melihat ada perbaikan sangat luar biasa terutama modernisasi sistem SIM online. Dulu kalau mengurus SIM, parsial. Orang Papua yang sekolah di Jakarta, saat mau mengurus perpanjangan SIM, dia harus kembali (ke Papua). Tapi sekarang, dengan (SIM) online, orang Papua, orang Aceh yang tinggal di Jakarta, cukup perpanjang (SIM) di Jakarta, Semua datanya disentralisasi. Ini terobosan," kata Kapolri saat memimpin acara peringatan HUT Polantas ke-61, di halaman parkir JCC Senayan, Jakarta, Kamis.

Pihaknya menargetkan pada 2017, sistem online bisa diwujudkan untuk pelayanan perpanjangan STNK dan BPKB.

Dalam pidatonya, Tito meminta jajaran Polantas agar mengerahkan para anggotanya di titik-titik rawan kemac. Lebih baik langsung ke titik rawan macet, bantu masyarakat. Kalau kemacetan pagi sudah mereda, baru kumpul dan briefing," katanya.

Untuk itu, pihaknya memerintahkan agar lokasi-lokasi rawan terjadi kemacetan di tiap daerah dipetakan dengan baik dan meminta agar jajaran Lantas dan Sabhara turun ke lapangan untuk mengurai kemacetan.

Selain itu, Kapolri juga meminta jajaran Polantas untuk memperbaiki sikap dalam melayani masyarakat.

"Saya minta jajaran lalin, perbaiki kultur, sikap sebagai pengayom, pelindung masyarakat," kata mantan Kapolda Metro Jaya ini.

Senada dengan Kapolri, Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Agung Budi Maryoto berharap HUT Polantas ini sebagai momentum jajarannya untuk bersikap lebih humanis dalam melayani masyarakat.

"Ulang Tahun Polantas ke-61 ini bertema September Ramah, artinya bagaimana kita bisa melayani masyarakat dengan lebih ramah lagi dan humanis, baik di jalan maupun di loket pelayanan," kata Irjen Agung.

Menurut Kakorlantas, dalam peringatan HUT Polantas ke-61, pihaknya mengadakan berbagai kegiatan sosial diantaranya kunjungan ke beberapa panti jompo dan panti asuhan, mengadakan sunatan massal dan donor darah serta pemberian bunga kepada para pengguna jalan yang dilakukan ibu Bhayangkari dan Polwan.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga