Wagub: Swasembada pangan sangat tergantung kondisi air

id Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Ishak Mekki, kebersamaan, pangan, kondisi air, kedaulatan pangan, produksi beras, suplus, sumber daya air, Konsultasi

Wagub: Swasembada pangan sangat tergantung kondisi air

Areal sawah kekeringan karena kekurangan air.(Foto Antarasumsel.com/Edo Purmana/Ang)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Selatan Ishak Mekki mengatakan, program swasembada pangan sangat tergantung dengan kondisi air dalam irigasi karena itu sumber utama dalam meningkatkan produksi.

Apalagi swasembada pangan saat ini sangat diutamakan dalam pemerintahan, kata dia dalam pertemuan konsultasi regional sumber daya air di Palembang, Rabu.

Lebih lanjut dia mengatakan, bahkan program kedaulatan pangan menjadi fokus utama dalam meningkatkan produksi beras.

Menurut Wagub, bukan itu saja tetapi tiga tahun kedepan produksi beras ditargetkan suplus 10 juta ton.

Oleh karena itu sumber daya air sangat diutamakan untuk mendukung program swasembada pangan tersebut, ujar dia.

Sehubungan itu pemerintah rutin melakukan pertemuan untuk membahas pemanfaatan sumber daya air dalam mendukung ketahanan pangan.

Dia mengatakan, pertemuan tersebut bertujuan membahas tata kelola sumber daya air agar lebih maksimal dalam kehidupan diantaranya meningkatkan ketahanan pangan.

Jadi pembangunan irigasi maupun perbaikan perlu menjadi perhatian bagi pemerintah sehingga suplus beras terus bertambah, ujar dia.

Memang, lanjut dia, penyelenggaraan pertemuan Konsultasi Regional Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan secara bergantian di provinsi seluruh Indonesia.

Menurut dia, maksud dari pertemuan itu sebagai wadah konsultasi dan koordinasi untuk memberikan masukan kepada pemerintah pusat, provinsi dan pemerintah kabupaten dalam penyusunan pembiyaan.

Selain itu bertujuan membangun komitmen pemerintah pusat dan daerah untuk merumuskan perekenomian dan ketahanan pangan, tambah dia.
(U005)