PON 2016 - Jabar memimpin klasemen sementara anggar

id anggar, medali emas anggar, anggar jabar, pon jabar, pon XIX, klasemen sementara, tim anggar jawa barat

PON 2016 - Jabar memimpin klasemen sementara anggar

Logo dan maskot PON XIX Jawa Barat. (Ist/Dok)

Bandung (ANTARA Sumsel) - Provinsi Jawa Barat dipastikan juara umum cabang olahraga anggar Pekan Olahraga Nasional XIX/Jawa Barat tahun 2016 karena capaian medalinya tidak mungkin lagi terkejar oleh provinsi lain.

Pada hari terakhir pelaksanaan pertandingan anggar, Rabu, Jabar telah mengemas empat medali emas, satu perak, dan tiga perunggu, sedangkan anggar tinggal menyisakan dua nomor lagi yakni epee beregu putra dan sabre beregu putri.

Perolehan medali ini dipastikan tidak dapat dikejar oleh Sulawesi Selatan yang berada di peringkat kedua (2 emas, 1 perak, dan 1 perunggu), dan Riau (1 emas, 2 perak, 3 perunggu).

Berdasarkan hasil ini, Tim Jawa Barat dipastikan menjadi juara umum menggantikan Sumatera Selatan yang menjadi juara umum pada PON XVIII di Riau tahun 2012 yang mengemas 4 emas, 5 perak, dan 5 perunggu.

Keberhasilan Jawa Barat ini tidak lepas dari persiapan matang dalam dua tahun terakhir, kata pelatihnya Iwan Kartiwan.

"Atlet digenjot untuk mengeluarkan performa terbaik di PON, dan untuk itu diberikan kesempatan uji coba di dalam dan luar negeri, termasuk menjalani pemusatan latihan di Korea Selatan selama tiga bulan," kata Iwan lagi.

Salah satu yang menjadi catatan dalam PON kali ini, dari empat medali emas yang diraih Jawa Barat, tiga medali emas berasal dari nomor yang tidak diperoleh pada PON sebelumnya yakni sabre perorangan putra, sabre perorangan putri, epee beregu putri, sedangkan untuk beregu foil putra diketahui bahwa provinsi ini merupakan juara bertahan.