Pemprov Sumsel minta perajin siapkan cenderamata AG

id perajin, perajin sumsel, cenderamata sumsel, cenderamata Asian games, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sum

Pemprov Sumsel minta perajin siapkan cenderamata AG

Seorang pekerja sedang mengecat meja ukiran hias khas Palembang (foto antarasumsel.com/Dolly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan minta kepada para perajin untuk menyiapkan cenderamata pada Asian Games 2018, mengingat daerah ini akan kedatangan tamu mancanegara.

Tamu yang mengikuti pesta olahraga internasional mendatang menginginkan kenang-kenangan dari Sumsel, sehingga mulai sekarang perlu untuk disiapkan, kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga, di Palembang, Kamis.

Pihaknya meminta para perajin termasuk usaha kecil dan menengah membuat cenderamata untuk peserta dan penonton pesta olahraga yang diikuti 45 negara tersebut.

Buatlah buah tangan khas daerah, sehingga akan diminati tamu dari berbagai negara tersebut, kata dia lagi.

Apalagi sekarang ini belum ada suvenir khas daerah, sehingga benda-benda untuk kenangan itu perlu diproduksi, ujar dia.

Dia mengatakan, produksi kerajinan khas itu selain untuk meningkatkan perekonomian masyarakat juga menjadi sarana promosi daerah itu.

Produksi kerajinan khas itu, juga sebagai daya tarik bagi destinasi wisata yang baru di Sumsel, kata dia pula.

Menurutnya, dengan dikenal suatu daerah maka daya tarik bagi para wisatawan semakin bertambah, tidak hanya saat kunjungan tamu pada pelaksanaan Asian Games saja, tapi terus berlanjut.

Memang, lanjut dia, dalam memperkenalkan suvenir tersebut pihaknya bekerja sama dengan badan promosi.

Badan promosi itulah nantinya akan menggandeng usaha kecil dan menengah untuk memperkenalkan hasil kerajinan yang ada, kata dia pula.
(U005)