IHSG kamis dibuka naik 17,48 poin

id Indeks harga saham gabungan, IHSG, Bursa Efek Indonesia, BEI, merespon data ekonomi, domestik positif, Sentimen, surplus, neraca perdagangan

IHSG kamis dibuka naik 17,48 poin

Ilustrasi - Pembukaan IHSG BEI (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis dibuka naik sebesar 17,48 poin di tengah sentimen eksternal dan domestik yang positif.

IHSG BEI dibuka menguat 17,48 poin atau 0,32 persen menjadi 5.442,82. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau LQ45 bergerak naik 5,54 poin (0,59 persen) menjadi 945,12.

"Sentimen domestik dan eksternal yang relatif positif menopang pergerakan IHSG," papar Vice President Research and Analysis Valbury Asia Securities Nico Omer Jonckheere di Jakarta, Kamis.

Nico Omer mengatakan bahwa perkembangan yang terus membaik atas program amnesti pajak memberikan kepercayaan bagi pelaku pasar di dalam negeri sehingga mendorong aksi beli.

Dari eksternal, lanjut dia, harga minyak mentah dunia yang bergerak menguat menjadi salah satu faktor pendorong bagi bursa saham dunia untuk bergerak di area positif.

Sementara itu,Kepala Riset Universal Broker Indonesia Satrio Utomo menambahkan bahwa tercapainya persetujuan pembatasan produksi pada sidang Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) telah membuat index Dow Jones Industrial (DJI) bergerak naik yang kemudian direspon positif oleh pelaku pasar di bursa Asia.

Menurut  Satrio Utomo, pemodal dapat mengakumulasi saham-saham dari sektor pertambangan. Di sisi lain, saham-saham sektor perbankan juga terlihat bergerak naik, menjelang berakhirnya masa pelaporan amnesti pajak tahap pertama.

"Pemodal bisa fokus pada kedua sektor tersebut seraya menanti munculnya tren naik pada sektor konsumer dan properti," katanya.

Bursa regional, di antaranya indeks Bursa Hang Seng menguat 116,85 poin (0,49 persen) ke level 23.736,50, indeks Nikkei naik 224,23 poin (1,35 persen) ke level 16.687,67, dan Straits Times menguat 16,71 poin (0,59 persen) posisi 2.874,52.