Satu kapal cepat bertahan layani Palembang-Bangka

id kapal cepat Expres Bahari, kapal, kapal cepat, rute Palembang-Bangka, pengguna jasa angkutan laut mengalami penurunan, kalah bersaing, angkutan udara,

Satu kapal cepat bertahan layani Palembang-Bangka

Pengguna kapal cepat tujuan Bangka Belitung di Pelabuhan Boom Baru Palembang. (Foto Antarasumsel/Feny Selly.com)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Satu unit kapal cepat bertahan beroperasi melayani rute Palembang-Bangka meskipun kondisi jumlah pengguna jasa angkutan laut itu mengalami penurunan drastis karena kalah bersaing dengan angkutan udara.

"Sekarang ini satu kapal tetap bertahan melayani rute Palembang-Bangka dan berharap kondisi sepi penumpang sekarang ini bisa segera normal," kata petugas pelayanan tiket perusahaan pelayaran kapal cepat Expres Bahari Robin, di Palembang, Jumat.

Dia menjelaskan, pelayanan jasa angkutan laut kapal cepat rute Palembang-Bangka beberapa bulan terakhir mengalami penurunan jumlah penumpang secara drastis.

Akibat sepinya pengguna jasa angkutan laut itu, rute pelayaran tersebut yang sebelumnya dilayani dua kapal dari dua perusahaan yakni Expres Bahari dan Sumber Bangka, kini hanya beroperasi satu kapal milik Expres Bahari, katanya.

Menurut dia, menghadapi kondisi sulit sekarang ini, sebelumnya kedua manajemen perusahaan jasa angkutan laut kapal cepat sepakat mengatur jadwal keberangkatan dengan sistem sehari beroperasi sehari libur, namun karena biaya operasional tidak tertutupi dengan pemasukan akhirnya hanya satu kapal yang tetap beroperasi.

Jumlah penumpang dari Palembang ke Pulau Bangka dan sebaliknya mengalami penurunan drastis, karena sebagian besar masyarakat beralih menggunakan transpprtasi udara.

Penumpang kapal cepat sekarang ini paling banyak 100 orang atau di bawah 50 persen dari kapasitas tempat duduk yang mencapai 340 orang.

Untuk mengatasi masalah sepinya penumpang, Expres Bahari berupaya melakukan berbagai efsiensi dan mencoba menambah pendapatan dari angkutan barang kebutuhan pokok dan pengiriman paket.

Sambil menunggu kondisi normal, pihaknya tetap berupaya melakukan pelayanan sesuai dengan jadwal yang telah diketahui masyarakat selama ini.

Jadwal keberangkatan dari Pelabuhan Boom Baru Palembang setiap hari seperti biasanya pada pukul 07.00 WIB, sedangkan dari Pelabuhan Muntok Bangka pada pukul 10.00 WIB.

Sementara mengenai tarif tiket pelayanan kapal cepat tersebut diatur dengan ketentuan untuk kelas bisnis ditetapkan Rp180.000 per orang satu kali jalan, kelas eksekutif Rp200.000/orang, dan kelas VIP Rp230.000/orang, sedangkan bagi masyarakat yang membeli tiket paket pergi pulang (PP) diberikan potongan Rp100.000, ujar petugas Expres Bahari itu.