Sekda: Pembangunan sanitasi harus menjadi program utama

id Mukti Sulaiman, sanitasi, kualitas kehidupan masyarakat, kebersihan, sampah

Sekda: Pembangunan sanitasi harus menjadi program utama

Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Mukti Sulaiman (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/16/den )

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sekretaris Daerah Pemprov Sumatera Selatan Mukti Sulaiman mengatakan, pembangunan dan perbaikan sanitasi harus menjadi program utama karena itu sangat berpengaruh terhadap kualitas kehidupan masyarakat.

Dengan adanya sanitasi yang baik maka lingkungan akan bersih sehingga kehidupan menjadi sehat, kata Sekda usai membuka pertemuan pembahasan sanitasi di Palembang, Rabu.

Menurut dia, bukan itu saja tetapi dengan baiknya sanitasi maka daerah akan lebih tertata rapi.

Oleh karena itu Pemerintah Povinsi Sumsel terus mendorong supaya kabupaten dan kota mengutamakan pembangunan dan perbaikan sanitasi.

Pihaknya juga rutin melakukan sosialisasi supaya lingkungan Sumsel menjadi sehat, ujar dia.

Sementara, ruang lingkup pembangunan sanitasi pemukiman antara lain pengelolaan air limbah domestik, persampahan dan saluran air permukiman.

Apalagi pemerintah menetapkan pencapaian sanitasi yang semakin baik pada 2019, maka itu harus menjadi perhatian semua pihak terutama pemerintah kabupaten dan kota, ujar Sekda.

Untuk mencapai akses universal sanitasi tersebut maka perlu memfokuskan diri pada perencanaan yang telah dibuat dalam dokumen strategi.

Selain itu juga membangun sistem lingkungan terpadu supaya sanitasi semakin baik, kata dia.

Namun , lanjut dia, yang lebih penting lagi perlu terus sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melakukan pencemaran di sungai, supaya bisa menciptakan kondisi yang bersih.