Kendari bangun pabrik pakan ternak atasi inflasi

id peternakan, pabrik pakan, menekan inflasi, peternakan ayam, sapi, pupuk

Kendari bangun pabrik pakan ternak atasi inflasi

Penjual tengah menguliti dagangan ayamnya di Pasar 26 Ilir Palembang, Rabu (10/7). (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

...."Dengan demikian harga telur dan daging ayam bisa stabil sehingga bisa membantu menekan angka inflasi daerah," katanya....
Kendari (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), membangun pabrik pakan ternak sabagai salah satu upaya menekan inflasi di daerah itu.

"Berdasarkan hasil kajian tim pengendali inflasi daerah, salah satu komoditi pemicu inflasi adalah telur karena tingkat kebutuhan tinggi sedangkan stok terbatas," kata Wali Kota Kendari Asrun, di hadapan kelompok tani, Jumat.

Ia mengatakan, warga di Kendari enggan untuk beternak ayam petelur karena pakan ternaknya mahal.

"Pakan ternak masih dipasok dari luar Sultra sehingga harganya tinggi atau yidak stabil karena faktor transportasi yang sangat jauh dari Sulsel. Kondisi itu kata dia, menyebabkan telur kurang sehinga harus dipasok dari Sulsel," katanya.

Untuk itu kata Asrun, pihaknya telah membangun pakan ternak skala menengah dengan menggunakan APBD murni Kota Kendari.

"Pabrik pakan ternak tersebut saat ini sadang dalam proses pemasangan jaringan listrik," katanya.

Asrun berharap, ketika pabrik pakan itu beroperasi maka bisa menumbuhkan minat petani untuk beternak baik ayam potong maupun ayam petelur.

"Dengan demikian harga telur dan daging ayam bisa stabil sehingga bisa membantu menekan angka inflasi daerah," katanya.