Petani Musi Banyuasin terima bantuan mesin pertanian

id mesin pertanian, petani, menerima bantuan, musi banyuasin, bantuan pemerintah

Petani Musi Banyuasin terima bantuan mesin pertanian

Petani menanam bibit padi pada musim tanam di kompleks persawahan Plaju darat, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (16/6). (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/15/Den)

Musi Banyuasin, Sumsel (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 245 kelompok tani di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan menerima bantuan alat mesin pertanian dari Kementerian Pertanian.

Bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) seperti traktor, alat penanam dan perontok padi, serta peralatan lainnya diserahkan secara simbolis Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi, di Sekayu, Jumat.

Bupati Musi Banyuasin pada kesempatan itu meminta kepada petani yang tergabung dalam kelompok tani penerima bantuan alat mesin pertanian tersebut untuk memelihara dan memanfaatkannya dengan baik.

Alat mesin pertanian dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan produksi tanaman pangan dan kesejahteraan masyarakat tani di kabupaten ini.

"Saya minta peralatan ini dikelola dengan sebaik-baiknya, bila perlu nanti saya yang akan pantau langsung, Mari kita sama-sama mewujudkan niat baik itu untuk kepentingan bersama dan perkembangan Kabupaten Musi Banyuasin," ujarnya.

Dia menjelaskan, selama ini pihaknya juga sering memberikan bantuan peralatan yang bisa digunakan petani untuk mendukung kegiatan mengelola lahan pertanian tanaman pangan dan perkebunan.

Namun sayangnya peralatan yang diberikan kepada petani untuk memudahkan pekerjaannya tidak dimanfaatkan secara baik bahkan terkesan tidak dipelihara.

Dengan adanya bantuan alat mesin pertanian dari pusat yang diserahkan kepada kelompok tani, diharapkan bisa dipelihara dan dimanfaatkan secara bersama-sama dengan baik sehingga sesuai dengan tujuan dari pemberian bantuan itu, kata Beni.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan A Thamrin menambahkan selain menerima bantuan alsintan, pada tahun ini pihaknya juga menerima bantuan atas keberhasilan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dalam penambahan Luas Tambah Tanam (LTT) periode tanam Oktober 2015 hingga Maret 2016.

"Keberhasilan itu mendapat apresiasi dan penghargaan dari pemerintah pusat berupa pemberian bantuan delapan unit traktor roda empat, 40 unit traktor roda dua, delapan unit rice tranplanter, dan sembilan unit pompa air," ujarnya.