Gubernur Sumsel minta mahasiswa perkenalkan kuliner daerah

id alex nurdin, makanan palembang, ciri khas sumsel, mahasiswa, objek wisata sumsel, promosi makanan sumsel

Gubernur Sumsel minta mahasiswa perkenalkan kuliner daerah

Seorang penjual tengah merapikan dagangan telur ukan miliknya di salah satu pinggiran jalan pusat Kota Palembang, Sabtu (17/8). (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin minta kepada mahasiswa untuk memperkenalkan kuliner daerah karena jenisnya cukup banyak.

Makanan khas empek-empek saja jenisnya cukup banyak, sehingga itu perlu diperkenalkan kepada masyarakat, kata gubernur saat kuliah umum dihadapan mahasiswa Politeknik Pariwisata Negeri Palembang, Selasa.

Dia mengatakan, empek-empek beragam jenisnya seperti lenggang, lenjer, adaan, kapal selam dan jenis lainnya.

Begitu juga dengan sambal jenisnya cukup banyak, seperti sambal kemang, terasi, sambal ikan dan sambal cung serta lainnya, ujar dia.

Menurut dia, kesemua jenis kuliner itu akan menambah daya tarik tersendiri bila dipromosikan dengan maksimal.

Jadi bukan hanya potensi sumber daya alam saja yang perlu dipromosikan, tetapi juga makanan khas daerah, katanya.

Oleh karena itu tugas mahasiswa pariwisata untuk memperkenalkan potensi yang dimiliki Sumsel termasuk beragam jenis makanan, kata dia.

Dia mengatakan, memang sekarang ini Sumsel rutin dikunjungi wisatawan mancanegara, karena setiap tahun menyelenggarakan kejuaraan olahraga tingkat internasional.

Bahkan, lanjut gubernur, Sumsel sukses menjadi tuan rumah SEA Games, POM Asean dan Islamic Solidaritas Games.

Kesemuanya itu tidak terlepas karena Sumsel rutin menjadi tuan rumah kegiatan internasional termasuk kejuaraan olahraga, tambah dia.