Selasa, 22 Agustus 2017

Pengelola travel dukung penerbangan umrah langsung Palembang-Jeddah

id umrah, penerbangan langsung palembag jeddah, perjalanan ibadah umrah, travel umrah, lovina, pt lovina
Pengelola travel dukung penerbangan umrah langsung Palembang-Jeddah
Perjalanan ibadah umrah jamaah PT Lovina Aini Maias. (Foto Antarasumsel.com/16/Yudi Abdullah)
...Penerbangan langsung Palembang-Jeddah dapat memudahkan jamaah melakukan perjalanan ibadah karena tidak harus berganti pesawat dan berulang kali pindah bandara...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Sejumlah perusahaan jasa pelayanan perjalanan ibadah umrah di Kota Palembang, mendukung rencana Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan membuka penerbangan langsung Palembang-Jeddah, Arab Saudi pada Desember 2016.

"Penerbangan langsung Palembang-Jeddah dapat memudahkan jamaah melakukan perjalanan ibadah karena tidak harus berganti pesawat dan berulang kali pindah bandara serta menjalani pemeriksaan petugas keamanan bandara," kata Pimpinan Travel Umrah dan Haji Plus PT Lovina Aini Maias, Anita Silviani di Palembang, Selasa.

Selain memudahkan proses perjalanan dari Palembang ke Jeddah, penerbangan langsung dapat menghemat biaya, karena masyarakat yang terdaftar sebagai jamaah umrah pada suatu travel tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membeli tiket penerbangan tambahan.

Jamaah umrah dari Palembang untuk berangkat ke Jeddah selama ini sebagian besar ke Jakarta terlebih dahulu, karena penerbangan ke Arab Saudi itu lebih gambang diperoleh di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta.

Melihat kondisi dan proses pelayanan dan perjalanan ibadah umrah yang cukup rumit itu, rencana penerbangan secara langsung dari Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang dapat diwujudkan sesuai rencana, katanya.

Dia menjelaskan, penerbangan langsung ke Jeddah sangat memungkinkan bisa segera diwujudkan karena Palembang sejak beberapa tahun terakhir sudah menjadi embarkasi haji.

Selain itu masyarakat yang melakukan ibadah umrah dari sejumlah kabupaten dan kota wilayah Sumsel dalam beberapa tahun terakhir jumlahnya terus mengalami peningkatan.

Khusus permintaan paket ibadah umrah di PT Lovina Aini Maias dalam sebulan terakhir mengalami peningkatan yang cukup tinggi sekitar 50 persen dari kondisi normal.

"Permintaan paket umrah untuk perorangan dan kelompok mulai meningkat karena setelah pelaksanaan ibadah haji, seperti biasanya pada November dan Desember banyak warga yang berniat melaksanakan ibadah umrah," ujarnya.

Dalam kondisi normal pihaknya melayani permintaan paket ibadah umrah 20 orang setiap bulannya, namun kini permintaan untuk keberangkatan pada November sebanyak 30 orang dan pada Desember 2016 mencapai 40 orang.

Permintaan paket ibadah umrah itu diprediksi akan lebih banyak lagi, karena sekarang ini ada puluhan masyarakat yang datang menanyakan persyaratan untuk mendaftar sebagai jamaah umrah di PT Lovina untuk keberangkatan tahun ini dan 2017, kata Anita.

Sementara sebelumnya Kabid TU Kanwil Kemenag Sumsel Yeri Taswin menjelaskan bahwa Gubernur Alex Noerdin berkeinginan untuk keberangkatan jamaah umrah asal provinsi ini langsung dari Palembang ke Arab Saudi.

Untuk mewujudkan keinginan gubernur tersebut, pihaknya melakukan konsultasi dan koordinasi dengan sejumlah pimpinan maskapai penerbangan untuk dukungan penyediaan pesawat berkapasitas 360 atau 450 tempat duduk, serta dibuatkan payung hukumnya dengan Peraturan Gubernur (Pergub).

Jika proses pelayanan pemberangkatan jamaah umrah secara langsung dari Bandara Internasional SMB II Palembang ke Arab Saudi pada Desember 2016 berjalan sesuai rencana, sudah ada 700 jamaah yang terdaftar di sejumlah travel umrah siap memanfaatkan penerbangan perdana itu, kata dia.

Editor: Yudi Abdullah

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga