Aktivis lingkungan hentikan paksa aliran minyak mentah Kanada-AS

id pipa minyak, aktivis lingkungan, pipa minyak kanada ke amerika serikat, pemutusan aliran minyak

Aktivis lingkungan hentikan paksa aliran minyak mentah Kanada-AS

Ilustrasi kilang Pertamina (Foto Antara)

....Proyek senilai 3,7 juta dolar AS itu dikhawatirkan akan merusak tanah suci suku pribumi Amerika sekaligus menguras cadangan air setempat....
Calgary (ANTARA Sumsel) - Aktivis pecinta lingkungan pada Selasa berhasil menghentikan aliran jutaan barel minyak mentah dari Kanada ke Amerika Serikat dengan menutup paksa katup sejumlah pipa strategis secara bersamaan.

Pada empat negara bagian berbeda, para aktivis itu secara bersamaan merusak gembok dan rantai untuk memasuki stasiun kontrol pipa minyak setempat. Mereka kemudian memutar katup ke posisi "off" sehingga menghentikan aliran yang memenuhi 15 persen kebutuhan minyak harian di Amerika Serikat.

Kelompok itu kemudian mengunggah video aksi mereka pada pagi harinya. Mereka telah ditangkap oleh kepolisian setempat.

Kelompok Climate Direct Action menyatakan tindakan tersebut merupakan dukungan bagi suku pribumi Sioux di Standing Rock yang memprotes pembangunan jalur pipa minyak di tempat lain yang menghubungkan North Dakota sampai Partai Teluk Amerika Serikat.

Proyek senilai 3,7 juta dolar AS itu dikhawatirkan akan merusak tanah suci suku pribumi Amerika sekaligus menguras cadangan air setempat.

Selain itu, sudah bertahun-tahun para aktivis menyuarakan penghentian impor minyak dari Kanada karena dianggap tidak ramah lingkungan.

Sejumlah pejabat negara, perusahaan pipa, dan pakar menyatakan bahwa tindakan para aktivis  justru membahayakan lingkungan karena menghentikan aliran di luar jadwal. Aksi itu berpotensi menyebabkan kebocoran, kata mereka.

Para aktivis  beralasan mereka telah mempelajari selama beberapa bulan mengenai bagaimana  menghentikan aliran minyak dengan aman, kata Afrin Sopariwala, juru bicara Climate Direct Action.

"Kami bertindak sebagai respon atas bencana yang akan segera kita hadapi," kata dia merujuk pada perubahan iklim.

Sementara itu pihak kepolisian menyatakan telah melakukan empat penangkapan, tiga di Washington dan satu di Motana. Beberapa aktivis lain di Minnesota dan North Dakota juga ditangkap.

Pipa-pipa dari Kanada ke Amerika Serikat secara keseluruhan mengalirkan 2,8 juta barel minyak setiap harinya. Tidak ada kerusakan dalam aksi pada Selasa. Aksi itu juga tidak membawa dampak negatif yang besar di pasar minyak.

"Gangguan terhadap infrastruktur energi adalah tindakan yang berbahaya dan dapat menyebabkan kerugian besar bagi masyarakat sekitar. Ini adalah tidakan yang tidak bisa dibiarkan," kata Menteri Energi Kanada, Jim Carr.

Sementara itu lembaga pemantau keamanan pipa minyak juga menyebut aksi pada Selasa sebagai tindakan "yang berbahaya."
"Mematikan katup di pipa besar bisa menimbulkan dampak membahayakan bagi warga dan lingkungan, Kami tidak mendukung aksi semacam ini," kata kepala lembaga Pipeline Safety Trust, Carl Weimer.