Tren kunjungan wisatawan asing ke Sumsel meningkat

id kunjungan wisatawan, wisatawan asing, wisman, wisatawan mancanegara, kunjungan wisman, wna, orang asing, phri

Tren kunjungan wisatawan asing ke Sumsel meningkat

Ketua PHRI Sumsel Herlan Aspiudin (FOTO Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

...Wisatawan asing yang berkunjung ke Sumatera Selatan dalam beberapa bulan terakhir trennya menunjukkan peningkatan, khusus sepanjang September 2016 tercatat 1.138 orang atau meningkat 11,24 persen...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Sumatera Selatan menyatakan tren kunjungan wisatawan asing ke provinsi setempat mengalami peningkatan meskipun belum sesuai dengan target yang diharapkan.

"Wisatawan asing yang berkunjung ke Sumatera Selatan dalam beberapa bulan terakhir trennya menunjukkan peningkatan, khusus sepanjang September 2016 tercatat 1.138 orang atau meningkat 11,24 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan Herlan Aspiudin, di Palembang, Rabu.

Melihat terjadinya tren peningkatan jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Sumsel, pihaknya terus berupaya membantu pemerintah daerah mempromosikan beragam objek dan daya tarik wisata yang tersebar di 17 kabupaten dan kota dalam provinsi ini, katanya.

Menurut dia, untuk mendorong peningkatan jumlah wisatawan asing berkunjung ke daerah ini, pihaknya akan menggalakkan kegiatan promosi pariwisata di negara yang paling banyak penduduknya berkunjung ke Sumsel seperti Malaysia, Singapura, Tiongkok, dan Australia.

Agar daerah ini lebih dikenal masyarakat internasional, pihaknya juga akan melakukan promosi potensi pariwisata ke ratusan negara yang ditetapkan pemerintah bebas visa kunjungan ke negara ini, katanya.

Dia menjelaskan, untuk melakukan kegiatan promosi potensi wisata daerah ini, pihaknya berupaya memanfaatkan jaringan atau mitra kerja seperti biro perjalanan wisata, pengusaha hotel dan restoran yang ada di negara-negara yang dibebaskan visa kunjungan ke Indonesia.

Selain itu pihaknya juga berupaya mengikuti kegiatan pameran potensi pariwisata di luar negeri yang dinilai sebagai pasar potensial.

"Kami sangat mengharapkan tren kunjungan wisatawan asing terus meningkat, karena dapat meningkatkan tingkat hunian kamar dan kunjungan ke restoran milik anggota PHRI," ujarnya.

Dalam kondisi jumlah kunjungan wisatawan asing atau mancanegara sekarang ini dan didukung adanya wisatawan nusantara yang mencapai 3-4 juta per tahunnya, tingkat hunian hotel dan kunjungan restoran sudah cukup baik yakni di atas 60 persen.

Melalui berbagai upaya yang dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan asing tersebut, diharapkan ke depan prospek bisnis jasa perhotelan dan restoran di daerah yang akan menjadi tuan rumah penyelenggara Asian Games 2018 ini bisa lebih baik lagi, ujar Herlan.