Kamis, 29 Juni 2017

Rasman dengan tugas kemanuasiaan di kepulauan

id Pulau, tenaga sosial kesejahteraan masyarakat, TKSK, mewujudkan masyarakat kreatif, inovatif, sejahtera, mandiri dilandasi iman
Rasman dengan tugas kemanuasiaan di kepulauan
Ilustrasi- Pantai Pulau Pasi, Kepulauan Padaido, Biak Numfor. (Ist)
....Pemuda kelahiran Kwandang, 26 Juni 1988 ini memiliki visi mewujudkan masyarakat kreatif, inovatif, sejahtera, mandiri dilandasi iman dan takwa melalui pemberdayaan masyarakat....
Gorontalo (ANTARA Sumsel) - Mengawali karirnya sejak tahun 2013, Rasman Olii, putra Kecamatan Ponelo Kepulauan, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, memilih berkiprah sebagai relawan kemanusiaan.

Saat itu kata ia, Jumat di Gorontalo, ia mengawali karirnya dengan bergabung sebagai tenaga sosial kesejahteraan masyarakat (TKSK).

Pemuda kelahiran Kwandang, 26 Juni 1988 ini memiliki visi mewujudkan masyarakat kreatif, inovatif, sejahtera, mandiri dilandasi iman dan takwa melalui pemberdayaan masyarakat.

"Pemberdayaan harus bermuara pada kesejahteraan masyarakat, namun tidak hanya sejahtera masyarakat pun harus bisa hidup berkualitas melalui pembangunan karakter dengan memiliki iman dan takwa yang kokoh," ujarnya.

Setiap hari kata Rasman, ia intensif berkeliling pulau tempat ia bertugas, untuk memberi penguatan kepada masyarakat, memotivasi bahkan hampir sering ia merogoh koceknya sendiri untuk bisa berbagi dengan masyarakat miskin.

"Paling banyak saya temui para ibu lanjut usia yang sudah tidak berdaya dan berasal dari keluarga miskin, maka tidak perlu menunggu lama membantu mereka. Sentuhan melalui komunikasi dan bantuan ala kadarnya, saya yakin sangat memberi penghiburan dan semangat menjalani hari tuanya," ujar Rasman.

Saat ini yang cukup intens ia lakukan adalah menginventarisir potensi masalah kesejahteraan sosial (PMKS), potensi dan sumber kesejahteraan sosial (PSKS) sehingga ke persoalan bencana alam.

Hal penting lainnya kata Rasman, adalah memberi motivasi kepada masyarakat sehingga mampu meningkatkan kepedulian terhadap permasalahan sosial dan pelayanan sosial.

Selain itu, ia sendiri sangat tertarik mengembangkan program pemberdayaan sosial, baik yang dilakukan individual maupun berkelompok.

Banyak program kemanusiaan yang perlu dilakukan terfokus, sebab tugas relawan kemanusiaan yang paling penting adalah bagaimana bisa mengawal program-program pemerintah agar mampu mengeluarkan masyarakatnya dari kemiskinannya.

Editor: Indra Gultom

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga