WWF dorong distrik Nimbokrang jadi taman nasional

id wwf, taman nasional, papua, distrik nimbokrang

WWF dorong distrik Nimbokrang jadi taman nasional

World Wide Fund for Nature (WWF) (Foto Antarasumsel.com/Ist)

Jayapura (ANTARA Sumsel) - World Wildlife Fund (WWF) Program Indonesia Region Papua mendorong kawasan hutan pada wilayah 10 suku di Distrik Nimbokrang khususnya Kampung Repong Muaf, Kabupaten Jayapura, menjadi taman nasional.

Piter Roki Aloysius, Koordinator Pengelolaan Hutan Berkelanjutan WWF Program Indonesia Region Papua, di Jayapura, Sabtu, mengatakan pihaknya telah melakukan studi keanekaragaman hayati, ekologi, pemanfaatan ekonomi dan sosial budaya.

"Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan WWF terhadap warga kampung Distrik Nimbokrang yang menginginkan daerahnya menjadi kawasan taman nasional," katanya.

Menurut Piter, pada 8 November 2016, WWF beserta salah seorang warga Distrik Nimbokrang akan menghadiri Conference of the Parties (COP) ke-22 di Norwegia yang diselenggarakan oleh The United Nation Frameworks Convention on Climate Change (UNFCCC) sejak tahun 1994.

"Selama convention ini diselenggarakan, yang menjadi pembicara selalu para intelektual dan baru kali ini putra asli Papua dihadirkan menjadi pembicara," ujarnya.

Dia menuturkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI memberikan kesempatan kepada Alex Waisimon warga Distrik Nimbokrang sebagai salah satu pembicara di Convention of the Parties (COP) ke-22.

"Hal ini tentunya merupakan kebanggaan kami semua, dan WWF akan selalu berkomitmen mendorong keinginan warga Kampung Repong Muaf dan sekitarnya untuk menjadi taman nasional," katanya lagi.

Dia menambahkan Alex Waisimon merupakan warga Kampung Repong Muaf di Distrik Nimbokrang yang mendirikan "Papua Home Care Watching Bird" secara swadaya beserta warga lainnya.

"Papua Home Care Watching Bird ini diperuntukkan sebagai wisata alam untuk dapat melihat dan mengamati 84 jenis Burung Cenderawasih yang hidup bebas di sekitar Kampung Repong Muaf," ujarnya lagi.

Sekadar diketahui, 10 wilayah suku di Distrik Nimbokrang telah didorong menjadi kawasan taman nasional yakni suku Baay, Wouw, Waisimon, Waipon, Demogreng, Kekri, Kasmando, Bano, Tecuari dan Bernifu.