Kamis, 23 Maret 2017

Mesir meminati kopi Sumsel

id kopi, ekspor kopi, komoditas unggulan, mesir, importir kopi mesir
Mesir meminati kopi Sumsel
Biji kopi (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/16/den)
Palembang (ANTARA Sumsel) - Negara Mesir meminati kopi Sulawesi Selatan karena setiap bulan provinsi ini telah mengirim lima peti kemas berisi kopi ke negara tersebut.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Selatan Permana, di Palembang, Selasa, mengatakan apalagi kopi bagi Sumsel merupakan salah satu komoditas unggulan sehingga sudah dikenal bagi masyarakat termasuk luar negeri.

Sehubungan itu kopi masih banyak diminati bagi negara luar termasuk Mesir, kata dia usai menghadiri Misi Dagang Atase Perdagangan dan Indonesia Trade Promotion Center di Palembang, Selasa.

Menurut dia, memang banyak permasalahan yang dihadapi dalam mengirim kopi ke-negara tersebut sehingga ekspor belum begitu maksimal.

Dia mengatakan, kendala yang dihadapi antara lain pengiriman komoditas unggulan tersebut masih melalui pelabuhan Tarahan dengan menggunakan transportasi darat.

Permasalahan itu memang kurang efesien dalam melakukan ekspor komoditi yang ada, ujar dia.

Selain itu Sumsel belum memiliki tempat penjualan di negara luar sehingga hanya mengandalkan pelanggan saja, ujar dia.

Begitu juga mengenai kemasan daerah ini juga masih kalah bersaing sehingga pengrimanan juga terbatas, ujar dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, sebenarnya banyak produk Sumsel yang diminati baik nasional maupun internasional seperti pada Trade Expo Internasional lalu Sumsel menampilkan produk unggulan.

Sumsel mempunyai 14 produk unggulan tetapi masih kalah bersaing dengan daerah lain antara lain kriteria produk yang tidak bisa dipenuhi produsen, tambah dia.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga