Harga bawang merah di Palembang naik

id bawang, bawang merah

Harga bawang merah di Palembang naik

Bawang Merah (Foto Antarasumsel.com/Nila Fu'adi/Parni)

Palembang (ANTARA Sumsel) – Harga bawang merah di pasar tradisional 16 Ilir Kota Palembang Sumatera Selatan, Kamis mengalami kenaikan karena stok barang di pasaran berkurang dan permintaan konsumen stabil.
    
Bawang merah yang didatangkan langsung dari Padang dan Brebes jumlahnya berkurang, sementara pembeli stabil, sehingga terjadi kenaikan kisaran Rp5.000 per kilogram, dari Rp27 ribu menjadi Rp32 ribu per kg, kata Ny Ria (41) salah seorang pedagang di Pasar 16 Ilir Palembang.    

Demikian pula dikatakan Juhe (37) hal yang sama, dimana pasokan bawang merah jumlahnya berkurang.
"Saya biasanya setiap hari menerima pasokan bawang merah kisaran tiga kuwintal, sekarang paling banyak dua kuwintal," katanya.

Menurut dia, kalau para agen biasanya mendatangkan bawang merah dari pulau Jawa yakni Brebes (Jawa Tengah).

Ia mengatakan, kalau pekan lalu nilai tebus bawang merah masih kisaran Rp28 ribu per kg, sekarang sudah mencapai Rp32 ribu hingga Rp33 ribu per kg atau naik Rp5.000 per kg.

Mengenai kenaikan harga tersebut, pembeli sudah tidak heran lagi dan menganggap bahwa harga bawang memang sering terjadi naik dan beberapa hari kemudian turun.

Kondisi demikian, kata dia, sudah berlangsung sejak beberapa bulan terakhir, karena jumlah pasokan sering berfluktuasi.

"Jadi soal harga di pasaran tergantung kelancaran dan jumlah barang yang diterima dan disesuaikan dengan permintaan konsumen," katanya.

Ia mengaku, untuk beberapa bulan terakhir ini tidak heran lagi kalau  harga bawang ataupun cabai selalu begitu-begitulah, beberapa hari normal kemudian beralih menjadi naik atau terjadi naik kemudian turun tergantung jumlah pasokan barang.

Sementara, harga bawang putih impor justru mengalami penurunan.

"Harga bawang putih biasanya impor dari Tiongkok dan jarang dipasok bawang lokal, dan pekan lalu sempat mencapai Rp28 ribu, kemarin Rp29 ribu dan kemudian hari ini turun menjadi Rp28 ribu per kg," kata Ny Ria menambahkan.

Sementara, pantuan Antara di sejumlah pasar tradisional di Kota Palembang seperti Pasar 16 Ilir, Pasar 10 Ulu dan Pasar Cinde, masing-masing pedagang memang memiliki stok bawang merah dan bawang putih, walaupun jumlahnya berkurang.