Jumat, 20 Oktober 2017

Sumsel tuan rumah forum konservasi lingkungan internasional

id Asia pasific Bonn Challenge, forum konservasi lingkungan, organisasi lingkungan internasional, Bonn Challenge, alex noerdin
Sumsel tuan rumah forum konservasi lingkungan internasional
Bonn Challenge (Antarasumsel.com/Ist)
Palembang (ANTARA Sumsel) - Sumatera Selatan akan menjadi tuan rumah forum konservasi lingkungan atau Asia pasific Bonn Challenge pada Februari 2017.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin di Palembang, Kamis mengatakan, kepercayaan Sumsel menjadi tuan rumah itu karena sejak tahun lalu daerah ini menyelenggarakan beberapa program konservasi dengan dukungan dari banyak organisasi lingkungan internasional.

Dia mengatakan, "Bonn Challenge" merupakan program pelestarian lingkungan berskala dunia yang diinisiasi pemerintah Jerman pada 2015.

Dua tahun berturut-turut secara khusus Sumsel diundang dalam pelestarian lingkungan seperti di Bonn Jerman dan di Panama satu bulan lalu karena Sumsel sudah menginisiasi untuk melakukan tujuh restorasi di berbagai lokasi.

Dia mengatakan, Sumsel sudah menjadi contoh di dunia terkait restorasi dan perlindungan lingkungan.

Sumsel saat ini sudah mendapat banyak dukungan dari berbagai negara seperi Norwegia, Inggris, dan Belanda, ujar dia.

Dia mengatakan, rintisan pertama kali kegiatan pengelolaan lanskap atau ekoregion diawali melalui nota kesepahaman antara Gubernur Sumsel dengan Badan Pengelola REDD+ pada Agustus 2014.

Memang, lanjut gubernur, berbagai realisasi restorasi kawasan hutan yang masih lestari dan rehabilitasi kawasan hutan yang kritis terkait perubahan iklim di Sumsel.

Pemerintah Jerman termasuk yang pertama kali melakukan kegiatan restorasi lanskap di Sumsel, ujar dia.

Dia mengatakan, kemudian dilanjutkan oleh GIZ Bioclime tentang rehabilitasi gambut, penanggulangan kebakaran hutan dan konservasi biodiversitas.

Oleh karena itu wajar bila Sumsel dipercaya menjadi tuan rumah pelestarian lingkungan, tambah dia.

Editor: Indra Gultom

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga