Sebanyak 16.000 peserta ikuti mandiri jakarta marathon

id marathon, full marathon, Mandiri Jakarta Marathon, Silang Monas Barat Daya, peserta Mandiri Jakarta Marathon

Sebanyak 16.000 peserta ikuti mandiri jakarta marathon

Ilustrasi - Jakarta Marathon (FOTO ANTARA)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 16.000 peserta mengikuti pertandingan "Mandiri Jakarta Marathon" 2016 yang dimulai dan selesai di Silang Monas Barat Daya, Jakarta, Minggu.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo pun menyambut  baik antusiasme peserta tersebut. Menurut dia, ajang ini memang merupakan perhelatan stratrgis bagi dunia olahraga dan pariwisata Indonesia.  
"Melalui penyelenggaraan ini kami ingin meningkatkan peran aktif dan mendukung upaya pemerintah dalam memperluas basis calon-calon olahragawan dan memperkuat akselerasi pembangunan ekonomi masyarakat," ujar Kartika.

Adapun dari 16.000 pelari, peserta yang mengikuti kategori maraton penuh (full marathon) adalah 2.500 peserta, maraton setengah (half marathon) 3.500 peserta, 10K atau sepuluh kilometer 4.500 peserta, 5K ada 5.500 peserta.

Selain itu adapula kategori "Maratoonz" atau (children sprint) yang diikuti 300 pelari anak kelompok usia lima hingga tujuh tahun dan delapan sampai 10 tahun.

Jumlah peserta pada penyelenggaraan tahun 2016 mengalami peningkatan 60 persen sejak pertama kali diadakan tahun 2013, yang diikuti 10.000 orang.

Menurut Direktur Balapan acara itu, Iye Rohadian, mereka juga memberikan kesempatan bagi dua orang berkebutuhan khusus untuk berkompetisi di kategori maraton penuh dan 5K.

Rute Mandiri Jakarta Maraton melewati beberapa tempat wisata dan gedung-gedung penting di Ibu Kota seperti Kawasan Kota Tua, Fatahillah Square, Gereja Katedral, Masjid Istiqlal, Bundaran Hotel Indonesia, dan lain-lain.

Acara kompetisi lari ini sendiri dimulai sejak pukul 05.00 WIB. Pelari putra pertama yang menyelesaikan lomba di kategori itu tiba di garis finish pukul 07.20 WIB dan putri pada pukul 07.41 WIB.