Minggu, 23 Juli 2017

Pemprov Sumsel ajak UMKM manfaatkan Asian Games

id umkm, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah, memanfaatkan momentum Asian Games, mendorong percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masy
Pemprov Sumsel ajak UMKM manfaatkan Asian Games
Ilustrasi- UMKM di Sumsel. (ANTARA FOTO/Feny Selly/16/Ang)
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengajak pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM di provinsi ini memanfaatkan momentum Kota Palembang menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

"Asian Games diupayakan digelar di daerah ini dengan harapan dapat mendorong percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, momentum langka ini harus disambut gembira dan dirasakan manfaatnya oleh pelaku UMKM dan seluruh lapisan masyarakat," kata Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki, di Palembang, Rabu.

Menurut dia, peserta dan tamu undangan Asian Games yang berkunjung ke Palembang membutuhkan makanan dan cenderamata yang bisa dibawa mereka pulang ke negara asalnya sebagai kenang-kenangan dan buah tangan yang bisa dibagi-bagikan kepada keluarga dan teman-temannya.

Untuk memenuhi kebutuhan atlet dan tamu undangan lainnya, pelaku UMKM di daerah ini seharusnya sekarang ini mulai melakukan berbagai persiapan peningkatan kualitas produk dan tempat usaha, serta melakukan berbagai pengembangan usaha, katanya.

Dia menjelaskan, pelaku UMKM di provinsi ini harus berperan aktif dalam pesta olahraga negara-negara kawasan Asia itu sehingga tidak menjadi penonton di daerah sendiri.

Berdasarkan pengalaman, pada saat Palembang menjadi tuan rumah SEA Games 2011, pelaku usaha dari provinsi lain yang berbondong-bondong datang ke Ibukota Provinsi Sumsel ini untuk berdagang makanan dan aneka cenderamata menarik.

Untuk memanfaatkan momentum tersebut, pelaku UMKM di provinsi ini akan terus didorong mempersiapkan diri mengembangkan kegiatan usaha yang laku dijual kepada ribuan pengunjung dan atlet dari berbagai negara kawasan Asia pada kegiatan olahraga itu agar tidak hanya menjadi penonton, ujar wagub.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga