Musi Banyuasin siapkan bantuan tanggap darurat bencana

id Musi Banyuasin, tanggap darurat bencan, bantuan tanggap darurat bencana, mencegah timbulnya permasalahan sosial

Musi Banyuasin siapkan bantuan tanggap darurat bencana

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Muba (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan pada Oktober 2016 ini mulai menyiapkan bantuan tanggap darurat bencana karena akhir-akhir ini curah hujan mengalami peningkatan yang dapat berpotensi mengakibatkan banjir.

"Bantuan tanggap darurat berupa bahan pangan, sandang, dan tenda darurat disiapkan untuk mengurangi beban masyarakat dan mencegah timbulnya permasalahan sosial jika terjadi bencana dampak musim hujan itu," kata Plt Sekda Musi Banyuasin Rusli, di Sekayu, Jumat.

Bantuan tanggap darurat itu dikelola oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial setempat, jika terjadi bencana di suatu daerah sewaktu-waktu bisa disalurkan kepada masyarakat yang menjadi korban, katanya.

Dia menjelaskan, untuk menghadapi kemungkinan terjadinya bencana banjir dan bencana lainnya mengingat curah hujan di daerah ini dalam beberapa pekan terakhir cukup tinggi dan cenderung meningkat, jajaran Pemkab Musi Banyuaisn terus meningkatkan kesiapsiagaan bencana.

Dengan kesiapsiagaan itu, jika ada laporan terjadi bencana, petugas bisa cepat bergerak meninjau lokasi kejadian dan memberikan bantuan kepada para korbannya sehingga dapat docegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan serta tidak menimbulkan permasalahan sosial berkepanjangan, ujarnya.

Sebelumnya untuk mengantisipasi terjadinya bencana dan meminimalkan timbulnya korban jiwa dan harta benda dalam jumlah yang besar, menghadapi kondisi sekarang ini seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah terkait diminta untuk meningkatkan koordinasi penanggulangan bencana alam di wilayah Bumi Serasan Sekate ini.

Melihat kondisi cuaca sekarang ini terdapat cukup sering turun hujan, pihaknya juga meminta pihak swasta, dan semua lapisan masyarakat siapsiaga dan membantu korban bencana jika di sekitar permukiman dan daerah kegiatan usaha terjadi bencana terutama banjir, kata Sekda.