OJK minta masyarakat waspadai investasi ilegal

id ojk, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Sumatera Selatan, Panca Hadi Suryatno, investasi ilegal, tergoda adanya iming-iming akan mendapat uang banyak

OJK minta masyarakat waspadai investasi ilegal

Otoritas Jasa Keuangan - OJK (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

....Bila berinvestasi harus diketahui dahulu perusahaan tersebut apakah memiliki tempat usaha termasuk izin....
Palembanh (ANTARA Sumsel) - Kepala Otoritas Jasa Keuangan Sumatera Selatan, Panca Hadi Suryatno minta seluruh lapisan masyarakat agar mewaspadai terhadap investasi ilegal yang sering terjadi selama ini.

"Jangan sampai tergoda iming-iming mendapat uang banyak saat melakukan investasi, karena itu bisa saja perusahaan tidak berbadan hukum," kata Panca Hadi usai peluncuran tim kerja satuan tugas waspada investasi yang diresmikan Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki di Palembang, Jumat.

Menurut dia, sekarang ini masyarakat banyak tertipu saat berinvestasi pada perusahaan tidak jelas atau belum berbadan hukum.

Memang, kata dia, bila berinvestasi harus diketahui dahulu perusahaan tersebut apakah memiliki tempat usaha termasuk izin.

Bila itu tidak dimiliki maka dianjurkan tidak menanamkan modalnya, karena bisa saja berdampak kurang baik, ujar dia.

Bahkan, lanjut dia, berdasarkan laporan masyarakat banyak perusahaan yang menawarkan jasa agar warga berinvestasi dengan iming-iming mendapat bunga tinggi.

Namun, setelah dicek ternyata memang ada yang tidak memiliki izin, ujar dia.

Oleh karena itu harus berhati-hati supaya tidak tertipu perusahaan yang hanya mencari keuntungan, kata dia.

Sementara anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nurhaida mengatakan, didirikannya tim satuan tugas itu salah satu upaya dalam pencegahan investasi ilegal.

Dengan adanya satuan tugas itu maka dapat dilaksanakan pencegahan baik melalui pemantauan maupun menindaklanjuti laporan masyarakat, kata dia.

Ia menambahkan, berdasarkan laporan ratusan perusahaan yang menawarkan kepada warga untuk berinvestasi, sehingga itu harus diteliti terlebih dahulu, katanya.