Dewan Kesenian Oku Adakan Lomba Kesenian Daerah

id festival, festival tari

Dewan Kesenian Oku Adakan Lomba Kesenian Daerah

Dewan Kesenian Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan mengadakan lomba kesenian tari daerah yakni "Tari Sambut" di Baturaja, Sabtu (Foto antarasumsel.com/Edo Purmana/Parni)

....Perkembangan jaman sangat berpengaruh terhadap generasi muda. Bila mereka tidak dibina dengan baik, dikhawatirkan generasi muda tak paham atas budayanya sendiri....
Baturaja (ANTARA Sumsel) - Dewan Kesenian Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan mengadakan lomba kesenian tari daerah yakni "Tari Sambut" yang tujuannya untuk menjaga dan mempertahankan tradisi kesenian khas daerah.

Acara digelar di gedung Sanggar Kesenian Baturaja, Sabtu dihadiri Asisten I Pemkab Ogan Komering Ulu (OKU), Mirdaili, Kadisporabudpar Faisol, Ketua Dewan Kesenian Tina Malinda dan camat Peninjauan Feri Iswan.

Ketua Dewan Kesenian OKU, Tina Melinda pada kesempatan itu mengatakan bahwa diselenggarakannya acara ini untuk melestarikan Tari Sambut yang merupakan tari tradisional Kabupaten OKU guna menyambut para tamu dalam sebuah acara khusunya di kalangan generasi muda.

"Sebanyak 13 regu dari setiap kecamatan yang ikut berpartisipasi pada lomba ini menampilkan tari khas daerah," kata Tina.

Ia menjelaskan, Tari Sambut sendiri sering diperagakan di dalam maupun luar gedung.

"Selama ini persepsi Tari Sambut banyak jenis di masyarakat, sehingga dengan adanya perlombaan ini diharapkan dapat juga menyatukan semua tari yakni hanya ada satu yakni Tari sambut," katanya.

Ia berharap, melalui perlombaan ini ke depan bila ada penyambutan para tamu disuguhkan Tari Sambut.

Perhelatan ini sendiri merupakan salah satu program Dewan Kesnian bidang tari, teater film, musik dan lagu dengan harapan harus terus diajarkan ke seluruh siswa atau sanggar.

"Ini tari kebanggaan khususnya saat menyambut tamu. Jadi harus ditanamkan sejak dini pada generasi muda dan lomba tersebut pesertanya dari seluruh OKU tersebar dari sanggar dan sekolah," katanya.

Semenatara, Asisten I Setda Pemkab OKU, Mirdaili mengaku sangat berterima kasih kepada Dewan Kesenian dan jajaran pengurus atas inisiatif sehingga bisa membantu Pemkab dalam melestarikan seni budaya yang ada di daerahnya.

"Perkembangan jaman sangat berpengaruh terhadap generasi muda. Bila mereka tidak dibina dengan baik, dikhawatirkan generasi muda tak paham atas budayanya sendiri," katanya.

camat Peninjauan Feri Iswan, yang turut hadir mengawal timnya mengaku jika di kecamatan yang dipimpinnya sanggar tari binaan PKK setempat bernama "Putri candi" diambil dari setiap sekolah dan dilatih sehingga ada kesinambungan.