Pemkot Palembang undang investor kembangkan pariwisata

id Pemerintah Kota Palembang, mengundang investor, sektor pariwisata guna memanfaatkan peluang sebagai tuan rumah Asian Games,

Pemkot Palembang undang investor kembangkan pariwisata

Pemkot Palembang (ANTARA FOTO)

....Kawasan wisata tersebut sejatinya dapat dilirik kalangan pebisnis karena tinggal menyediakan infrastruktur listrik, air, dan jalan untuk menjadi lokasi wisata pilihan....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang mengundang investor untuk menggembangkan sektor pariwisata guna memanfaatkan peluang sebagai tuan rumah Asian Games XVIII tahun 2018.

Wali Kota Harnojoyo di Palembang, Senin, mengatakan, pemkot saat ini gencar memperkenalkan lokasi wisata di kota itu yang dapat dikembangkan menjadi destinasi berkelas dunia ke sejumlah pertemuan dengan kalangan investor di dalam dan luar negeri.

"Sungai Musi ini dapat dijadikan destinasi layaknya Sungai Mekong di Thailand. Jika ada investor yang mau, maka pemkot siap memfasilitasi mulai dari penyediaan lahan sebagai penyertaan modal daerah," kata dia.

Pemkot Palembang juga menawarkan pengembangan destinasi wisata Pulau Kemaro ke kalangan investor karena saat ini di lokasi itu sudah memiliki 10 bungalow.

Kawasan wisata tersebut sejatinya dapat dilirik kalangan pebisnis karena tinggal menyediakan infrastruktur listrik, air, dan jalan untuk menjadi lokasi wisata pilihan.

Ia mengemukakan, sejauh ini sudah ada beberapa investor dalam negeri yang tertarik tapi masih belum menemukan kata sepakat dengan pemkot.

Hal ini lantaran pemkot telah mengalokasikan dana yang cukup besar untuk membangun bungalow, sementara calon penanam modal tidak mau menganti biaya tersebut.

"Pemkot berharap ada investor yang benar-benar mau mengembangkan kawasan wisata Pulau Kemaro ini di masa datang, jika benar-benar serius maka akan dibantu," kata dia.

Sebelumnya, Pemkot Palembang menjalin kerja sama dengan BUMN PT ITDC (Persero) untuk membangun hotel di bantaran Sungai Musi.

Namun, kerja sama ini belum dapat dilaksanakan pemkot karena PT ITDC menawarkan skema BOT (Build Operate Transfer) dalam pelaksanaan.

"Negosiasi tidak menemukan kesepakatan, jadi lebih baik ditawarkan ke investor saja," kata Harnojoyo.

Upaya ini sangat penting mengingat peluang Kota Palembang untuk tumbuh lebih pesat melalui pariwisata sangat terbuka, mengingat di Indonesia belum ada kota yang fokus menggarap wisata sungai.

Kota Palembang memiliki potensi luar biasa karena merupakan salah satu kota tertua di Indonesia dan memiliki beragam wisata, seperti kuliner, belanja, religi, sejarah dan wisata alam.