PKL gerobak kuning dapat tempat di sriwedari

id pkl, pedagang kaki lima, Shelter Sriwedari , sistem pengundian pedagang, ali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, paguyuban PKL pusat kuliner Bon Rojo

PKL gerobak kuning dapat tempat di sriwedari

Ilustrasi- Pedagang kaki lima. (Dolly Rosana/15)

Solo (ANTARA Sumsel) - Pedagang kaki lima gerobak kuning mendapat tempat di Shelter Sriwedari yang selesai dibangun pada Sabtu (12/11) dan pembagian shelter ke pedagang sudah dilakukan dengan sistem pengundian.  
Pedagang mulai penempatan Sabtu(12/11) dan untuk peresmian direncanakan Jumat(18/11) oleh Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, kata pendamping paguyuban PKL pusat kuliner Bon Rojo, Sukirno Saptorahardjo di Solo, Jumat.

Sebelum ditempati rencananya akan dilakukan kerja bakti bersama-sama dari pedagang dan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta. Untuk shelter sudah dilakukan pembagian ke pedagang dengan sistem diundi, nantinya setiap blok itu ada PKL yang jadi pengurus paguyupan.

Ia mengatakan ini dilakukan untuk pemantauan dan pengawasan PKL lain, jadi tahu mana PKL yang aktif dan mana yang tidak aktif. "Untuk jumlah pedagang saat ini ada 58 pedagang sebenar 60 pedagang namun dua pedagang meninggal dan shelter diserahkan ke Pemkot. Pengundian shelter berlangsung kondusif dan terbuka, jadi secara demokrasi," katanya.

Dikatakan bahkan pedagang sudah membuat surat pernyataan bermaterai untuk menempati shelter dan tidak akan di jual belikan, dilarang menggunakan gerobak, menjaga kebersihan, keamanan, maupun tidak boleh memasang penutup atau sekat di shelter.

Nantinya paguyupan berencana akan mengajukan permohonan bantuan etalase, meja dan kursi serta tempat sampah ini terkait tidak boleh pakai gerobak.

"Ya memang ada aturan-aturan sebelum pedagang menempati shelter dan ini harus dipatuhi. Jika tidak ditempati satu atau dua bulan maka akan di coret dan diberikan pedagang lain yang membutuhkan, untuk retribusi pakai e-retribusi," katanya.

Ia mengatakan bahkan perubahan nama paguyupan saat menempati shelter Sriwedari. Namanya tidak lagi PKL Gerobak Kuning City Walk tapi menjadi Paguyupan Pusat Kuliner Bon Rojo. "Kan disana itu berada di kawasan Bon Rojo atau Sriwedari. Jadi ini dikembalikan seperti dulu lagi," katanya.