Minggu, 20 Agustus 2017

Asian Games diharapkan dongrak pertumbuhan UMKM Sumsel

id umkm, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah, memanfaatkan momentum Asian Games, mendorong percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masy
Asian Games diharapkan dongrak pertumbuhan UMKM Sumsel
Ilustrasi - Pengusaha Tas kulit (ANTARA Foto)
....Asian Games merupakan ajang besar, ada 54 negara yang menjadi peserta. Tentunya, banyak hal yang akan bergeliat untuk memanfaatkan momen ini, dan salah satunya sektor UMKM....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Perhelatan Asian Games XVIII yang dijawalkan pada Agustus 2018 diharapkan dapat mendongkrak pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Sumatera Selatan karena pengusaha dapat memasarkan beragam produk selama momen tersebut berlangsung di Kota Palembang.

Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki di Palembang, Jumat, mengatakan pemerintah saat ini gencar mendorong kalangan pengusaha kecil untuk melahirkan produk yang layak dijual saat Asian Games mendatang.

"Asian Games merupakan ajang besar, ada 54 negara yang menjadi peserta. Tentunya, banyak hal yang akan bergeliat untuk memanfaatkan momen ini, dan salah satunya sektor UMKM," kata dia.

Ia mengatakan pertumbuhan UMKM di Sumsel sejatinya sudah terasa sejak 2011 atau saat Palembang menjadi penyelenggara SEA Games ke-25.

Pertumbuhan itu dapat diamati dari kenaikan omzet UMKM di Sumatera Selatan yang meningkat menjadi Rp25,27 triliun pada tahun 2015.

Omzet itu meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2014 yakni sebesar Rp24,96 triliun.

Sedangkan jumlah pertumbuhan wirausaha baru meningkat menjadi 319 unit UKM atau sekitar 73,37 persen pada 2015 atau meningkat jika dibandingkan 2014 yang hanya 181 UKM.

Sedangkan untuk umlah UMKM juga mengalami kenaikan dari 2.022.868 unit pada 2014 menjadi 2.071.416 unit pada tahun 2015.

"Harapannya jumlah ini bisa meningkat hingga tiga kali lipat hingga Asian Games, bukan hanya meningkat dari jumlahnya tapi juga secara kualitas juga lebih baik," kata dia.

Produk UMKM terkait kuliner dan kerajinan diharapkan memiliki kualitas berstandar internasional sehingga mampu berdaya saing, kata dia.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga