Indonesia tanpa wakil di final Jerman terbuka

id bulutangkis, final kejuaraan bulu tangkis, Bitburger Jerman, ganda putri, Tiara Rosalia Nuraidah/Rizki Amelia Pradipta, China

Indonesia tanpa wakil di final Jerman terbuka

Ilustrasi-Kejuaraan bulutangkis (ANTARA FOTO)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Indonesia dipastikan tanpa wakil di final kejuaraan bulu tangkis Bitburger Jerman Terbuka 2016 di Jerman setelah satu-satunya asa di ganda putri Tiara Rosalia Nuraidah/Rizki Amelia Pradipta dikalahkan pasangan China, Chen Qingchen/Jia Yifan pada babak semifinal.

Tiara Rosalia/Rizki Amelia yang pada kejuaraan ini merupakan unggulan keempat, berdasarkan data di tournamentsoftware.com yang dipantau dari Jakarta, Minggu dini hari harus menyerah dengan dari unggulan pertama kejuaraan tersebut dengan skor 22-20, 13-21 dan 15-21.

Salah satu ganda putri andalan Indonesia ini sebenarnya start cukup bagus. Meski terus tertinggal diawal game pertama, namun tidak patah semangat. Pelan tapi pasti pasangan Tiara Rosalia/Rizki Amelia mampu mengejar ketertinggalan dari lawan. Setelah mampu menyusul, dominasi pasangan Indonesia sangat terlihat dan akhirnya mampu menang 22-20.

Mampu memberikan kejutan di game pertama ternyata tidak membuat pasangan Tiara Rosalia/Rizki Amelia bermain lebih terbuka. Justru sebaliknya. Pada games dua, unggulan keempat ini justru dikendalikan oleh lawan dan kesulitan untuk mengembangkan permainan. Kondisi ini membuat pasangan Indonesia ini banyak mengalami kesalahan sendiri dan menyerah dengan skor 13-21.

        Dalam kedudukan sama kuat 1-1, pemain pelatnas ini mencoba bangkit di game penentuan. Meski lawan terus menekan sejak awal, Tiara Rosalia/Rizki Amelia masih mampu untuk meredamnya. Namun, lagi-lagi banyak melakukan kesalahan sendiri membuat pasangan Indonesia itu harus tertinggal. Hasilnya unggulan keempat ini harus menyerah dengan skor 15-21.

Dengan kekalahan Tiara Rosalia/Rizki Amelia dari Chen Qingchen/Jia Yifan maka habis sudah wakil Indonesia di kejuaraan Bitburger Terbuka 2016. Sebelumnya wakil Indonesia di sektor tunggal putra yaitu Jonatan Christie harus menyerah dari pemain China, Shi Yuqi di babak perempat final dengan skor 21-16, 14-21 dan 14-21.

Bagi pasangan Chen Qingchen/Jia Yifan kemenangan dari pasangan Indonesia memuluskan langkahnya untuk sampai ke partai puncak. Di final, unggulan pertama ini ditunggu oleh pasangan asal Thailand, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai.

Pasangan asal Thailand yang merupakan unggulan kedua pada kejuaraan ini, lolos ke final setelah di babak semifinal mengalahkan pasangan asal China, Huang Dongping/li Yinhui. Butuh waktu satu jam untuk mengalahkan pasangan non unggulan ini dengan skor 21-11, 18-21 dan 21-18.

Sementara itu di sektor ganda campuran dipartai final akan mempertemukan unggulan pertama asal Inggris, Chris Adcock/Gabrielle Adcock dengan unggulan kedua asal China, Zheng Siwei/Chen Qingchen. Sedangkan tunggal putra akan mempertemukan Sourabh Varma dari India dengan Shi Yuqi dari China.