Prajurit kodam harus siap pertahankan NKRI

id prajurit, kodam II sriwijaya, mempertahankan Negara Kesatuan RI, Kapendam II/Sriwijaya, Kolonel Arh Syaepul Mukti Ginanjar

Prajurit kodam harus siap pertahankan NKRI

Ilustrasi-Prajurit TNI di pelataran Benteng Kuto Besak Palembang.(Foto Antarasumsel.com/Fenny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Prajurit Kodam II/Sriwijaya harus selalu siap mempertahankan Negara Kesatuan RI, karena itu merupakan kewajiban utama, kata Kapendam II/Sriwijaya Kolonel Arh Syaepul Mukti Ginanjar.

Untuk mendukung itu maka prajurit harus siap baik fisik maupun mental, kata Syaepul Mukti di Palembang, Senin.

Menurut dia, Negara Kesatuan RI (NKRI) memang harus dipertahankan dan itu sudah menjadi tugas bersama terutama prajurit TNI.

Selain itu prajurit menjadi anggota pertahanan negara sehingga NKRI harus selalu dijaga, ujar dia.

Untuk itu prajurit Kodam II/Sriwijaya harus selalu sehat sehingga perlu dilakukan pembinaan fisik, antara lain melalui kegiatan olahraga dan mental melalui kegiatan kerohanian.

Memang, lanjut Kapendam, prajurit dalam jajarannya rutin melakukan kegiatan olahraga, bankan melakukan tes fisik untuk mengukur agar kondisinya selalu prima.

Dia mengatakan, sebelum melaksanakan tes kesegaran jasmani yang diselenggarakan Jasdam II/Sriwijaya, seluruh prajurit melakukan pemeriksaan kesehatan, cek denyut nadi dan senam pemanasan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan tim kesehatan Kesdam bagi personel yang tensinya tinggi atau terlalu rendah, tidak diijinkan untuk mengikuti tes.

Namun mereka hari berikutnya dilanjutkan kembali mengikuti tes karena itu modal dalam menjaga kemampuan fisik, tambah dia.
(U005)