26 orang tewas tenggelam salama festival Hindu di Bihar,India

id meninggal, festival Hindu Chhath Pooja, India Timur, hanyut terbawa arus sungai

26 orang tewas tenggelam salama festival Hindu di Bihar,India

Ilustrasi (Foto Istimewa)

New Delhi (ANTARA Sumsel) - Sedikitnya 26 orang tewas setelah tengelam di beberapa tempat di Negara Bagian Bihar di India Timur selama perayaan Festival Hindu Chhath Pooja, kata beberapa pejabat pada Senin (7/11).

"Enam orang dilaporkan tewas di Kabupaten Patna lalu lima orang tewas di Muzaffarpur dan tiga orang lagi tewas-tengelam di Khagaria serta Purnea," kata seorang pejabat di Kota Patna, Ibu Kota Bihar.

"Sembilan orang hanyut terbawa arus sungai di delapan kabupaten termasuk di Saharsa, Buxar Katihar dan Kishanganj di negara bagian itu," kata pejabat tersebut, sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa pagi.

Chhath pooja adalah festival kuno Hindu-Vedic, yang dirayakan di banyak negara bagian India dan Nepal, yang bertetangga. Perayaan tersebut dimulai empat hari setelah Diwali --Festival Chaya Hindu-- dan berlangsung selam empat hari.

Pemeluk Agama Hindu memuja Dewa Matahari, berpuasa dan mandi suci, selain menyampaikan puja bagi terbit dan tenggelamnya Matahari pada saat ini.

Menurut beberapa laporan, para korban meninggal saat umat Hindu mandi di beberapa sungai.