Kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumsel menurun

id wisman, wisatawan mancanegara

Kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumsel menurun

Salah satu wisatawan sedang berkunjung ke Museum di Palembang (Foto: antarasumsel.com/Parni)

Palembang (ANTARA Sumsel) -  Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumatera Selatan pada September 2016 menurun 14,06 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Sumsel pada September 2016 tercatat sebanyak 978 orang , atau mengalami penurunan sebesar 14,06 persen dibandingkan bulan sebelumnya, kata Kepala Badan Pusat (BPS) Sumsel, Yos Rusdiansyah di Palembang, Selasa.

Ia menjelaskan, jumlah wisman yang berkunjung ke Sumsel itu dicatat melalui pintu masuk Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, sedangkan melalui pintu masuk lainnya seperti Stasiun Kereta Api, dan pelabuhan laut tidak termonitor.

Sementara bila dibandingkan bulan Agustus 2015 jumlah wisman yang berkunjung ke Sumatera Selatan mengalami peningkatan 16,71 persen atau naik dari 838 orang menjadi 978 orang.

Wisman terbanyak masih dari negara Malaysia, meskipun pada bulan September 2016 mengalami penurunan sebanyak 116 orang, diikuti Tiongkok turun 18 orang dan Australia sebanyak 14 orang.

Penurunan jumlah kunjungan wisman tersebut berdampak pada penurunan tingkat penghuni kamar (TPK) hotel berbintang di Sumatera Selatan pada September 2016, yakni rata-rata 44,05 persen atau turun 5,22 poin dibanding TPK hotel pada bulan Agustus 2016 sebesar 49,27 persen.

Namun menurut catatan BPS, penurunan kunjungan wisman dan TPK hotel tersebut tidak berdampak negatif terhadap rata-rata lama menginap tamu asing.

Rata-rata lama menginap tamu asing pada bulan September 2016 justru meningkat menjadi 3,90 hari atau lebh lama 0,16 hari dibanding rata-rata lama menginap tamu asing pada Agustus 2016.

Ia berharap, kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumsel dapat meningkat pada bulan-bulan berikutnya.