Presiden Jokowi disambut selawat badar ke Ancol

id jokowi, presiden, salawat badar, ulama

Presiden Jokowi disambut selawat badar ke Ancol

Presiden RI Joko Widodo (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Presiden RI Joko Widodo disambut selawat badar saat hadir ke Econvention, Ancol, Jakarta, Sabtu, dalam acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) Ulama Rakyat "Doa untuk Keselamatan Bangsa".

Sekitar 10.000 orang, termasuk para ulama dan kiai yang hadir dari berbagai wilayah di Jakarta menyambut Presiden Jokowi dengan selawat badar.

Presiden hadir sekitar pukul 13.20 WIB di tempat acara yang diinisiasi oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut.

Sebagian besar umat yang hadir mengenakan pakaian berwarna putih, sementara perempuan yang hadir mengenakan pakaian serba putih dengan kerudung warna hijau.

Pada kesempatan itu Presiden didampingi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, dan Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dhakiri.

Sementara itu, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan beberapa ulama juga tampak hadir dalam acara tersebut.

Sebelumnya, Ketua Steering Committee (SC) Syaifullah Maksum mengatakan PKB sengaja mengumpulkan ulama dari seluruh Indonesia untuk bersama-sama berdoa guna keselamatan bangsa Indonesia.

"Kita juga meminta partisipasi ulama untuk turut membantu mendinginkan suasana di Tanah Air agar lebih kondusif," katanya.

Ia menambahkan bahwa Silatnas Ulama Rakyat juga sebuah manifestasi tanggung jawab sebagai bagian dari bangsa Indonesia di tengah kondisi bangsa Indonesia yang sedang memanas dengan isu-isu politik di Ibu Kota.

Menurut Syaifullah, selain berikhtiar untuk mewujudkan situasi yang damai dan kondusif, masyarakat dan bangsa Indonesia harus bersama-sama melaksanakan doa.

Ulama dituntut untuk mengambil peran dalam situasi seperti ini mengingat banyak masyarakat di Tanah Air yang sangat mendengarkan tuntunan dan nasihat dari mereka.