Mahasiswa asing meriahkan malam budaya Sriwijaya Internasional

id budaya, malam budaya

Mahasiswa asing meriahkan malam budaya Sriwijaya Internasional

Pagelaran malam budaya Sriwijaya Internasional di Palembang, Sabtu malam (12/11) (Foto antarasumsel.com/ParniAziz Munajar/Parni)

....Salah satu alasan mahasiswa asing memilih Indonesia sebagai negara tujuan adalah karena ingin belajar Bahasa Indonesia, selain itu ingin belajar banyak mengenai keberagaman budaya Indonesia, khususnya budaya Palembang....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 34 mahasiswa asing dari berbagai negara seperti Jepang, Thailand, Sudan, India, Kepulauan Solomon, Papua Newgini, Vietnam, dan Malaysia ikut meriahkan acara Malam Budaya Sriwijaya Internasional 2016 di Palembang.

"Acara ini bertujuan untuk mengenalkan dan mempromosikan budaya masing-masing negara," kata ketua pelaksana acara tersebut, Hasan Basri di Auditorium PascaSarjana Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang, Sabtu malam (12/11).

Menurut dia, acara tersebut sangat diperlukan guna memperteguh visi dan misi Unsri menjadi "world class university" melalui kolaborasi dengan beberapa universitas di banyak negara seperti Korea, Jepang, Amerika Serikat, Uzbekistan, Turki, Tiongkok, Vietnam, dan Malaysia.

Salah satu mahasiswa asal Takoshoku University Jepang, Murayama Mizuki (22) mengatakan sangat antusias dengan acara tersebut karena dirinya dapat lebih memperkenalkan budaya Jepang yang lebih beragam.

"Saya prihatin sebab orang Indonesia tahu budaya Jepang hanya anime saja, padahal masih ada banyak budaya Jepang yang lain," kata Murayama.

Mahasiswa Jepang yang baru dua bulan kuliah di Palembang tersebut sangat menyukai keberagaman budaya yang ada di Kota Palembang, terutama setelah tahu bahwa Jembatan Ampera merupakan ikon Kota Palembang ternyata dirancang oleh orang Jepang.

Ia menginginkan, setelah menyelesaikan kuliahnya di Palembang, Ia ingin membuat kerja sama antara mahasiswa Indonesia dan Jepang untuk mempererat hubungan budaya kedua negara tersebut.

Sementara mahasiswa asal Khortum University Sudan, Yahya, mengatakan sangat senang bisa mengenal kebudayaan negara rekan-rekannya sesama mahasiswa asing, lebih khusus budaya Indonesia yang dibawakan mahasiswa Unsri dalam bentuk tari-tarian dan atraksi silat.

"Salah satu alasan saya memilih Indonesia sebagai negara tujuan adalah karena ingin belajar Bahasa Indonesia, selain itu ingin belajar banyak mengenai keberagaman budaya Indonesia, khususnya budaya Palembang," jelas Yahya.

Acara yang dimulai pukul 19.00 hingga selesai tersebut dibuka dengan tarian Gending Sriwijaya Palembang, kemudian atraksi pencak silat disusul masing-masing negara mahasiswa asing memperkenalkan budaya negara mereka.