Terpilihnya Trump tak pengaruhi industri perbankan

id Trump, industri perbankan, pasar mereka, hubungan dagang, OJK

Terpilihnya Trump tak pengaruhi industri perbankan

Donald Trump (Antarasumsel.com/Reuters)

Jakarta, (ANTARA Sumsel) - Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Neslon Tampubolon mengatakan terpilihnya Donald Trump sebagai presiden ke-45 Amerika Serikat tidak banyak memengaruhi industri perbankan di Tanah Air.

"'So far' (sejauh ini), tidak ada reaksi yang berlebihan dari stakeholder perbankan, baik pemilik dana maupun mereka yang memanfaatkan jasa perbankan," kata Nelson di Jakarta, Senin.

Reaksi pelaku pasar yang ditunjukkan dengan turunnya indeks harga saham gabungan (IHSG) dan melemahnya rupiah terhadap dolar AS, kata Nelson, hanya reaksi sesaat dan sifatnya temporer.

"Menurut saya itu hanya reaksi sementara, biasalah orang melihat ke mana ini arahnya. Akan tetapi, ini akan normal kembali," katanya.

Nelson juga menanggapi kekhawatiran akan timbulnya dampak negatif dari kebijakan-kebijakan ekonomi yang sempat diutarakan Trump saat kampanye.

Menurut dia, sosok Donald Trump akan tetap melihat kepentingan negaranya.

Jika dianggap menguntungkan, lanjut dia, AS bisa saja memperluas pasar mereka, bukan menutup diri dan membatasi hubungan dagang dengan negara-negara lain.

"Jadi, kita berharap transaksi dengan Amerika itu positif bagi kita, biar pun Donald Trump atau siapa pun pemimpinnya," ujar Nelson.

Donald Trump mengalahkan rivalnya dari Partai Demokrat, Hillary Clinton, dalam Pemilihan Umum Presiden Amerika Serikat dengan meraih setidaknya 288 suara elektoral.

Dalam kampanyenya, Trump dinilai lebih condong ke arah proteksionisme perdagangan. Terpilihnya Trump juga diperkirakan ada dampak terhadap rencana Indonesia memasuki Trans Pacific Partnership (TPP).

Rencana TPP bisa saja batal apabila Trump benar-benar merealisaikan idenya. Kendati demikian, hal tersebut diprediksi tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

Sejumlah pihak juga menilai janji-janji kampanye calon presiden memang tidak semuanya dapat direalisaikan, malah cenderung banyak yang tidak menepatinya.