Sabtu, 23 September 2017

Sembilan negara ASEAN ikuti pameran game "g-star 2016"

id asean, G-STar 2016, pameran game, Exhibition 2, Bexco, Busan, Korea Selatan
Sembilan negara ASEAN ikuti pameran game
Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (Foto Antarasumsel.com/Grafis/Ang)
Seoul, (ANTARA Sumsel) - Sembilan negara ASEAN akan mengikuti pameran game "G-STar 2016" yang diselenggarakan di Exhibition 2, Bexco, Busan, Korea Selatan pada 17 November hingga 19 November 2016.

Keterangan tertulis yang diterima Antara di Seoul, Korea Selatan, Rabu menyebutkan ASEAN-Korea Center mengundang 33 perusahaan game dari sembilan negara di ASEAN yang akan memperlihatkan berbagai konten game seperti "mobile game", permainan PC, permainan VR, papan permainan, solusi, desain game seni, dan pendidikan berbasis permainan ke pembeli Korea.

ASEAN-Korea Centre akan mengundang 33 perusahaan game dari 9 negara ASEAN yakni Brunei, Kamboja, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam, kata Kim Young-Sun, Sekretaris Jenderal Pusat ASEAN-Korea.

Kim Young-Sun mengatakan, belum lama ini, negara-negara anggota ASEAN telah lebih menekankan kebijakan pada peningkatan industri berbasis pengetahuan berskala tinggi dan memiliki nilai tambah.

Pameran tahun ini, kata dia, akan menjadi skala terbesar sejak pelaksanaan pertama yang mengundang perusahaan ASEAN untuk G-STAR pada tahun 2014. Hal itu mencerminkan tumbuhnya industri game dari negara-negara ASEAN.

"Saya berharap pameran ini akan menjadi platform untuk kompetitif perusahaan game ASEAN untuk mendapatkan akses lebih lanjut ke pasar Korea, sehingga untuk meningkatkan kemitraan yang saling menguntungkan antara ASEAN dan Korea," katanya.

Menjelang pameran, peserta pameran ASEAN akan memperdalam pemahaman tentang pasar game Korea melalui ceramah oleh para ahli Korea dan riset pasar.

Pada 15 November  2016, ASEAN-Korea Centre akan bersama-sama mengatur fasilitasi perdagangan seminar dengan Korea Mobile Game Association (KMGA). Profesor dan perwakilan bisnis dari industri game Korea akan memberikan ceramah pada tema 'Status Saat Market Isi Permainan Korea', 'Market Strategi di Industri Mobile Game', dan 'Game Online Industri; Masuknya dan Tantang Pasar di ASEAN'.

Seminar akan memberikan kesempatan bagi peserta pameran ASEAN untuk berbagi status industri permainan di masing-masing negara dan untuk menerima konsultasi dari pakar yang relevan. Banyak ahli dan perwakilan dari industri game Korea, yang direkomendasikan oleh KMGA diharapkan menghadiri Seminar tersebut.

Peserta pameran akan pindah ke Pangyo Techno Velley di Provinsi Gyeonggi pada 16 November ini, untuk melakukan kunjungan industri ke Gyeonggi, perusahaan yang bergerak di bidang ekonomi kreatif, pusat inovasi dan SmileGate.

Asia Tenggara adalah tercepat wilayah permainan tumbuh di dunia. Menurut laporan 2015, pendapatan dari pasar game Asia Tenggara akan dua kali lipat menjadi USD 2,2 miliar pada 2015-2017.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga