Dewan kesenian Bandarlampung gelar festival dangdut

id dangdut, festival musik, Dewan Kesenian Kota Bandarlampung, Solo Dangdut Ceria Spektakuler

Dewan kesenian Bandarlampung gelar festival dangdut

Ilustrasi . (ANTARA News/Arief Mujayatno)

Bandarlampung (Antarasumsel.com) - Dewan Kesenian Kota Bandarlampung (DKBL) menggelar Festival Solo Dangdut Ceria Spektakuler untuk mencari bibit penyanyi baru sekaligus menghibur masyarakat.

"Peserta yang mengikuti festival dangdut ini sangat banyak dan begitu antusias, dan yang mendaftar bukan hanya dari Bandarlampung terbukti ada 200 peserta yang sudah mendaftar, termasuk dari daerah lain, seperti Serang, Banten dan Palembang, Sumatera Selatan yang juga ikut mendaftar," kata Ketua Umum DKBL Eva Dwiana Herman HN di Bandarlampung, Kamis.

Dia menjelaskan festival ini dilaksanakan sebagai bentuk aspirasi dari penyanyi dangdut Lampung yang ingin kontes kesenian seperti ini digelar.

"Festival ini bisa membangkitkan seni di Bandarlampung dan juga wadah bagi penyanyi dangdut Lampung, lalu juga dapat mengasah kemampuan para penyanyi dangdut agar dapat bersaing di kancah nasional," kata dia.

Eva yang juga anggota DPRD Provinsi Lampung itu mengungkapkan, dalam festival dangdut itu selain menyediakan piala tetap, pihaknya juga akan memberikan uang pembinaan kepada para pemenang.

Ia melanjutkan para juaranya nanti telah direncanakan ikut dalam kontes dangdut tingkat nasional yang digelar oleh televisi nasional.

Menurutnya, tahun depan, rencananya kegiatan serupa akan kembali diselenggarakan, dan diharapkan bisa lebih meriah lagi.

Ketua Panitia festival dangdut itu M Yudhi mengatakan Festival Solo Dangdut Ceria Spektakuler ini adalah yang ketiga kalinya digelar DKBL.

"Sebanyak 200 orang penyanyi dangdut unjuk kebolehan dalam festival yang digelar dari tanggal 16 hingga 19 November 2016," kata dia pula.

Dia mengatakan peserta dibatasi hanya sampai 200 orang, mengingat banyak masyarakat yang berminat menjadi peserta. Selain itu, waktu yang disediakan hanya selama empat hari. Tapi, menurutnya, peserta tahun ini ada yang dari luar daerah Lampung, yakni dari Jakarta dan Serang, Cilegon (Banten) maupun Palembang (Sumsel).

Wali Kota Bandarlampung Herman HN berharap semua penyanyi dangdut di Lampung bisa ikut berpartisipasi dalam festival ini.

"Kalau pesertanya banyak pasti acaranya meriah dan akan semakin banyak lagi pedangdut yang dimiliki Lampung," kata dia.

Ia menyatakan, akan memberikan tambahan hadiah kepada peserta yang keluar sebagai juara.