Jutaan kendaraan di Sumsel tak bayar pajak

id kendaraan, Direktur Lalu Lintas, Tomex Korniawan , tidak membayar pajak

Jutaan kendaraan di Sumsel tak bayar pajak

Dirlantas Polda Sumsel Kombes Tomex. (Foto Antarasumsel.com/16/Yudi Abdullah)

Palembang (Antarasumsel.com) - Direktur Lalu Lintas Polda Sumsel Kombes Pol Tomex Korniawan menyatakan jutaan pemilik kendaraan bermotor roda dua dan empat yang tersebar di 17 kabupaten dan kota dalam provinsi setempat tidak membayar pajak.

"Hingga November 2016 ini kendaraan bermotor di wilayah Sumsel tercatat 3,1 juta unit, dari jumlah itu 50 persen di antaranya tidak membayar pajak kendaraannya secara rutin setiap tahun," katanya.

Hal tersebut diungkapkan Dirlantas Kombes Pol Tomex Korniawan, pada acara peluncuran pelayanan pajak "online" sistem informasi administrasi pajak online (Siapo) dan SIM Masuk Desa (Simmade), di Palembang, Selasa.

Dia menjelaskan, kondisi banyaknya pemilik kendaraan bermotor tidak membayar pajak secara rutin setiap tahun sangat merugikan pemerintah daerah karena potensi masuknya uang dari pajak untuk menambah pendapatan asli daerah menjadi hilang.

Dengan adanya sistem pelayan "Siapo" diharapkan bisa lebih memudahkan masyarakat melakukan proses pengurusan pembayaran pajak kendaraan bermotornya tanpa harus keluar rumah dan menghabiskan waktu beberapa jam antrean di kantor Samsat.

Pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan dukungan teknologi modern itu, membuat masyarakat bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotornya hanya dengan menggunakan telepon seluler yang terhubung dengan jaringan internet, katanya.

Selain untuk memudahkan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotornya, menurut dia, dengan sistem baru secara online itu dapat memudahkan petugas di lapangan untuk mengetahui kendaraan yang berada di jalan telah membayar pajak atau belum.

Dengan sistem itu petugas bisa mengetahui kondisi surat kendaraan bermotor (STNK) yang berada di jalan raya apakah telah membayar pajak atau belum tanpa harus menghentikan kendaraan dan melihat surat-surat kelengkapannya.

Melalui dukungan teknologi tersebut selain dapat memudahkan masyarakat dalam memperpanjang masa berlaku STNK dan membayar pajak kendaraannya, juga dapat mendukung petugas di lapangan menertibkan kendaraan yang tidak membayar pajak, kata Tomex.