Kamis, 23 Maret 2017

Bayi tabung kembar empat lahir sehat

id bayi, kembar empat, program bayi tabung, lahir dengan sehat, dokter Hendro Pramono, SpOG, Rumah Sakit
Bayi tabung kembar empat lahir sehat
Petugas mengecek kondisi bayi kembar empat yang masih dalam perawatan intensif dokter di ruang NICU RS Siloam Surabaya, Jawa Timur. (ANTARA FOTO/Irfan Anshori/foc/Ang)
Jakarta (Antarasumsel.com) - Bayi kembar empat  melalui program bayi tabung dari pasangan suami isteri Kristian Yofri (36) dan Monique Livia SP (35)  yang lahir dengan sehat  di Rumah Sakit Siloam Surabaya segera pulang.

Menurut dokter Hendro Pramono, SpOG yang menangani bayi kembar tersebut dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, kelahiran yang unik ini bermula dari program bayi tabung yang dijalani oleh pasangan ini, di mana tim dokter dari di Klinik Ferina menanam tiga benih dalam rahim Monique.

Namun dalam perjalanan kehamilan di bulan ketiga, didapati bahwa satu benih  membelah menjadi dua  sehingga akhirnya terdapat empat janin dalam kandungan sang ibu, ujarnya.

Setelah mengandung keempat janin selama tiga puluh enam minggu, ujar dia, orangtua mempercayakan tim medis Siloam Hospitals Surabaya untuk menangani proses persalinan yang  berisiko tinggi tersebut.

"Tepat pada Jumat, 11 November 2016 di Siloam Hospitals Surabaya, kelahiran yang dinantikan tiba juga. Pukul 8.00 WIB, seluruh tim dokter bersiap di kamar operasi untuk melakukan persalinan bayi kembar empat ini," katanya.

Tim dokter selain terdiri dari dr Hendro Pramono, SpOG sebagai dokter kebidanan & kandungan, juga ada dr Agus Harianto, SpA (K) dan tim sebagai dokter anak, dan tim dokter anastesi Siloam Hospitals Surabaya.

Selama proses operasi persalinan, sang ayah, Kristian ikut menemani istrinya dalam proses melahirkan.

Tak lama kemudian bayi pertama berhasil dilahirkan, berjenis kelamin perempuan dengan berat 1.440 gram dan diberi nama Marianne Grace  Phan. Bayi tersebut langsung mendapatkan penanganan pertama dari dr Agus Harianto, SpA (K) dan tim.

Bayi kedua juga berjenis kelamin perempuan lahir dengan berat 1.600 gram dan diberi nama Merivienne Grace Phan. Menyusul selanjutnya, bayi ketiga berjenis kelamin laki-laki lahir dengan berat 2.200 gram dan diberi nama Kennard Xavier Phan.

Dan yang terakhir, bayi keempat berjenis kelamin perempuan lahir dengan berat 1.100 gram dan diberi nama Merilynne Grace Phan.

Keempat bayi tersebut kemudian dibawa ke ruang N.I.C.U (Neonatal Invasive Care Unit) Siloam Hospitals Surabaya yang telah siap dengan semua peralatan dan tenaga medis untuk memantau kondisi bayi-bayi ini.

Saat ini keadaan keempat bayi dan ibunya dalam kondisi sehat dan masih dalam perhatian penuh dari tim dokter dan perawat di Siloam Hospitals yang merupakan penyedia layanan kesehatan pada 23 rumah sakit itu.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga