Daerah wisata harus bersih dari sampah

id wisata, pulau kemarau, daerah wisata, harus bersih, tidak ada sampah, pengunjung, ingin bersenang-senang, merasa nyaman, aman

Daerah wisata harus bersih dari sampah

Hutan wisata Punti Kayu, Salah satu tempat wisata di kota Palembang (Foto Antarasumsel.com/Evan)

Palembang (Antarasumsel.com) - Kepala Sub Direktorat Sampah Spesifik dan Daur Ulang Kementerian Lingkungan Hidup, Haruki Agustina mengatakan, daerah wisata harus bersih dari sampah karena pengunjung selama berlibur ingin bersenang-senang serta merasa nyaman dan aman.

Yang jelas wisatawan ingin nyaman berkunjung di tempat wisata, kata Haruki saat berbicara pada seminar "Gerakan Tiga Jari Kelola Sampah" di Palembang, Kamis.

Menurut dia, pengelola kawasan objek wisata sangat memperhatikan masalah sampah supaya tempat itu selalu bersih, asri, nyaman dan aman.

"Sekarang ini semua daerah wisata sangat memperhatikan akan sampah sehingga kondisinya selalu bersih dan nyaman," katanya.

Dia mengatakan, memang sampah sudah menjadi permasalahan nasional sehingga harus dipikirkan bersama.

Pemerintah sendiri dalam mengurangi sampah di lokasi umum itu dengan membuat tempat pembuangan akhir, ujar dia.

Selain itu juga memprogramkan bank sampah supaya limbah tersebut mempunyai nilai manfaat, seperti dijadikan sumber energi listrik dan lainnya.

Pemerintah juga membuat program pemberian penghargaan tertinggi bidang kebersihan, yakni Piala Adipura agar semua kabupaten dan kota bersih dari sampah, tambah dia.