Sumsel gandeng kementerian PU garap wisata sungai

id wiata sungai, menggandeng Kementerian PU, menggarap sektor wisata, pemprov sumsel
Sumsel gandeng kementerian PU garap wisata sungai
Sungai musi. (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)
Palembang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menggandeng Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk menggarap sektor wisata sungai terkait dengan peran Kota Palembang sebagai tuan rumah Asian Games XVIII tahun 2018.

Asisten III Setda Provinsi Sumsel Bidang Kesejahteraan Rakyat Ahmad Najib di Palembang, Jumat, mengatakan kerja sama ini terkait keinginan pemprov menjadikan Sungai Musi sebagai destinasi pariwisata unggulan di Palembang.

"Untuk membangun kawasan Sungai Musi menjadi tempat wisata yang layak perlu adanya pembangunan infrastruktur, seperti dermaga, dan juga lokasi harus bersih dari eceng gondok. Tentunya, ini butuh bantuan PU," kata dia.

Sejauh ini, Kementerian PU Pera sudah sepakat dengan konsep wisata terapung yang diusulkan Sumsel.

Untuk itu, pemprov berharap dukungan penuh diberikan pemerintah pusat dengan mengalokasikan dananya.

Sementara itu, Pemerintah Kota Palembang menawari investor lokal maupun asing untuk menggarap destinasi wisata sungai dalam memanfaatkan peluang menjadi tuan rumah Asian Games ke-18 tahun 2018.

Staf Ahli Wali Kota Bidang Ekonomi Pembangunan dan Investasi Sudirman Teguh mengatakan belum lama ini pemkot menawari para investor asal Singapura untuk menggarap kawasan wisata "River Side".

"Jika ada modal yang masuk untuk pembangunan infrastruktur, saya yakin bahwa kawasan River Side ini tidak kalah dengan yang ada di Thailand," kata dia.

Ia mengemukakan, Pemkot Palembang sudah memiliki "master plan" untuk menjadikan Kota Palembang sebagai kota wisata sungai pertama di Indonesia.

"Dalam proses pengembangan ini, Palembang akan mencontoh Thailand yang berhasil mengangkat Sungai Chao Phraya sebagai salah satu tempat wisata yang paling digemari di Asia," kata dia.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga