Alsa promosikan Al Munawar sestinasi wisata Palembang

id Kampung Al Munawar, destinasi baru wisata, di Kota Palembang, untuk dikunjungi, wisatawan

Alsa promosikan Al Munawar sestinasi wisata Palembang

Alsa Care yang dilaksanakan di kampung al munawar palembang dihadiri pejabat daerah dan anggota DPRD Sumsel (Antarasumsel.com/Susi)

Palembang (Antarasumsel.com) - Asian Law Students` Association Universitas Sriwijaya berupaya mempromosikan Kampung Al Munawar menjadi destinasi baru wisata di Kota Palembang yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan.

Hal itu disampaikan Ketua Panitia Kegiatan Alsa Care, Muhammad Brilyan Alvayedo pada saat digelarnya kegiatan yang mengambil tema "Potential Development of Religius Tourism of Al Munawar Village," di Palembang, Minggu.

Menurut dia, Kampung Al Munawar ibarat mempunyai permata pariwisata di Kota Palembang yang bisa diangkat dan diperkenalkan ke tingkat dunia internasional.

"Kami berharap Kampung Al Munawar ini bisa menjadi destinasi wisata baru di Kota Palembang yang diharapkan ke depan akan semakin terkenal ke dunia internasional," katanya.

Ia mengatakan, kalau orang tahunya, belum ke Palembang kalau belum makan pempek. Ke depan nantinya orang luar belum ke Palembang kalau belum ke Kampung Al Munawar.

Ia berharap, ada komitmen bersama nantinya dari semua kalangan untuk membangun Kampung Al Munawar.

"Oleh karena itu kita ingin memulai agar semua ini terwujud ke depannya," ujarnya.

Sementara Director Alsa Fitrah Yudha, Alsa Care merupakan kegiatan tahunan Alsa.

Alsa Unsri sendiri memilih Kampung Al Munawar sebagai destinasi baru di Palembang, Alsapun bertekad akan mengangkat ke dunia internasional.

Ia berharap, ketika sudah terangkat maka semua akan berjalan termasuk ekonominya seperti halnya Candi Prambanan, di sana banyak yang jual cindera mata, di sini dirinya belum melihatnya.

"Oleh karena itu, ke depan saya berharap ini akan terjadi pula di Kampung Al Munawar," tuturnya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan komitmen semua yang hadir guna membangun Kampung Al Munawar. Setelah penandatanganan juga dilakukan pelepasan balon ke udara di tepian Sungai Musi di Kampung Al Munawar.

Sementara Anggota Komisi V DPRD Sumsel, Holda mengatakan, sekarang ini sudah ada peraturan daerah tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan Provinsi Sumsel.

Perda ini, nantinya akan diikuti di tingkat kabupaten dan kota di Sumsel dan satu kebetulan pula, hari ini Alsa mengangkat Kampung Al Munawar.

Jadi, ada empat yang dikembangkan dalam perda itu yaitu destinasi, industri, sumber daya manusia (SDM) dan kelembagaan, tutur wakil rakyat tersebut.

Sementara ini, lanjutnya sudah ada dukungan dari mahasiswa, dan malu pemerintah kalau tidak melakukan hal serupa.

"Ini merupakan semangat dan bentuk nyata dari masyarakat dalam mendorong pariwisata di Palembang, khususnya pengembangan Kampung Al Munawar. Kita semua harus mengawal ini," katanya.

Pada kesempatan itu, hadir juga Ketua Komisi V DPRD Sumsel, Fahlevi Maizano, tokoh masyarakat Husin Alkab, Kepala Dinas Pariwisata Sumsel Irene Chamelyn, Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Lesti dan My Trip My Adventure Sumsel, Palembang Social Project serta oganisasi lainnya.