Disbudpar optimistis kunjungan wisatawan ke Sumsel meningkat

id Dinas Kebudayaan, Pariwisata, kunjungan wisatawan, mengalami peningkatan , Irene Chamelyn,

Disbudpar optimistis kunjungan wisatawan ke Sumsel meningkat

Salah satu objek wisata di Sumsel Air terjun Temam di Kota Lubuklinggau. (Foto Antarasumsel.com/Evan)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan merasa optimistis kunjungan wisatawan ke daerah itu mengalami peningkatan pada tahun 2016 ini.

"Saya optimistis kunjungan wisatawan pada tahun ini meningkat lagi," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan Irene Chamelyn di Palembang, Senin.

Menurut dia, kunjungan wisatawan ke Sumatera Selatan pada tahun 2015 meningkat dari tahun 2014 yang hanya sebanyak 32 ribu, sedangkan tahun 2015 sebanyak 48 ribu.

Ia mengatakan, sebenarnya banyak sekali obyek wisata yang bisa dijual, tetapi bagaimana industri karena yang menjual itu bukan dinas tapi industri.

Sekarang ini apakah industri inovatif, kalau industri tidak inovatif, maka komunitas-komunitas sekarang sudah berjualan mereka menjual secara dalam jaringan (online), walaupun para komunitas-komunitas itu harus diberi penyuluhan bagaimana menjual paket yang benar supaya wisatawan yang datang bisa aman.

"Tapi, kami menunggu para industri bergerak menjual," ujarnya.

Sementara mengenai anggaran untuk obyek wisata di Sumsel, ia menuturkan, mudah-mudahan tahun depan Kampung Kapiten mendapat anggaran Rp1 miliar dari pusat.

Anggaran itu untuk perbaikan dari direktorat cagar budaya, karenanya akan dikawal, ujarnya.

Sementara lanjutnya, untuk Kampung Al Munawar sendiri juga mendapat bantuan, tetapi non fisik seperti pembinaan masyarakat, UMKM, kreaktifitas-kreaktifitas, festival.

Sejumlah objek wisata di Sumsel antara lain, Kampung Al Munawar, Plaza Benteng Kuto Besak, Jembatan Ampera, Bukit Siguntang dan Pulau Kemaro.