BPCB Jambi evakuasi lokasi penemuan benda kuno

id Tim Perlindungan Pengembangan, Pemanfaatan Balai Pelestarian, Cagar Budaya, benda kuno, jambi, batu emas, menyerupai telur, bertulisan arab, guci ber

BPCB Jambi evakuasi lokasi penemuan benda kuno

Salah satu benda kuno berbentuk telur bertuliskan hurup Arab yg ditemukan warga di Desa Karang Agung Kecamatan Abab Kabupaten PALI (Antarasumsel.com/Banu s/Ang/16)

Pali, Sumsel  (Antarasumsel.com) - Tim Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi segera mengevakuasi lokasi dan benda kuno yang ditemukan warga Desa Karang Agung Kecamatan Abab Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), Sumatera Selatan.

Lokasi dan benda kuno berbentuk batu emas menyerupai telur bertulisan arab serta guci berwarna kekuningan itu segera diamankan, kata Kepala Seksi Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi, Setyorini di Pali, Selasa.

Ia mengharapkan Pemkab Pali melalui Dinas Kebudayaan setempat untuk segera melakukan penanganan terhadap benda kuno yang ditemukan warga untuk disimpan dan diamankan.

Selain itu, untuk wilayah lokasi penemuan agar segera disterilisasi dari warga untuk menghindari adanya kerusakan jika nantinya ditemukan lagi benda kuno lainnya.

Sementara untuk mempercepat proses penanganan, pihak BPCB Jambi akan menurunkan tim untuk melakukan penanganan lokasi dan pengamanan benda kuno yang ditemukan warga agar diserahkan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi untuk dilestarikan dan diteliti.

Ia menjelaskan, penemuan benda kuno oleh warga itu berbentuk batu emas menyerupai telur bertulisan arab serta guci berwarna kekuningan.

Penemuan benda kuno dari warga terjadi saat menggali jalan lingkar dengan exavator di lokasi kebun belakang Sekolah Dasar Negeri (SDN) 11 Kecamatan Abab Kabupaten Pali, Senin (28/11).

"Saya menemukan barang kuno tersebut saat melakukan penggalian jalan dengan operator alat berat mengerjakan jalan lingkar," kata Candra (40) warga Desa Karang Agung.

Ia mengaku, setelah satu minggu menemukan dan menyimpan benda tersebut dirinya bermimpi tepat dimalam ketujuh.

"Saya bermimpi didatangi orang mengenakan jubah putih," kata Candra.

Atas penemuan benda yang diprakirakan peninggalan masa lampau itu, warga termasuk anak-anak di sekitar lokasi banyak datang untuk mencari barang langka tersebut.