Jumat, 28 Juli 2017

Panglima TNI-Kapolri hadiri apel nusantara bersatu

id apel nusantara bersatu, Panglima TNI, Kapolri
Panglima TNI-Kapolri hadiri apel nusantara bersatu
Jenderal Pol Tito Karnavian (kiri) bersamaJenderal TNI Gatot Nurmantyo (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/Ang/pd/)
....Apel Nusantara Bersatu yang diinisiasi oleh Panglima TNI Gatot Nurmantyo tidak hanya digelar di Silang Monas, Jakarta, melainkan di seluruh provinsi Indonesia...
Jakarta (Antarasumsel.com) - Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menghadiri apel Nusantara Bersatu yang digelar di Silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu pagi.

Apel Nusantara Bersatu yang diinisiasi oleh Panglima TNI Gatot Nurmantyo tidak hanya digelar di Silang Monas, Jakarta, melainkan di seluruh provinsi di Indonesia.

Acara yang bertujuan untuk memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa juga dihadiri tokoh agama, pelajar, mahasiswa, musisi, pemuda, budayawan, organisasi kemasyarakatan dan komponen bangsa lainnya.

Ditargetkan 40.000 orang hadir dalam acara tersebut, setiap peserta ditandai dengan pita merah putih yang diikatkan di kepala.

Dijadwalkan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa akan memberikan orasi dalam acara yang diberi tema "Nusantara Bersatu, Indonesia Milikku, Indonesia Milikmu, Indonesia Milik Kita Bersama, Bhinneka Tunggal Ika".

Selain itu acara tersebut juga dihadiri Plt Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono, sesepuh ormas Islam Majelis Rasulullah SAW Jakarta Pusat Habib Nabil, Wahid, Ketua Umum AMPI Dito Ariotedjo dan Ketua MUI Jawa Tengah Habib M Lutfi bin Ali Yahya.

Hadirin akan semakin larut dalam semangat persatuan dan kesatuan melalui lantunan puisi yang akan dibacakan oleh DR Ngatawi Al Zastro, yang merupakan sosiolog dan budayawan NU dan tokoh NU Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus.

Acara juga dimeriahkan lantunan lagu-lagu kebangsaan seperti Indonesia Raya, Dari Sabang Sampai Merauke, Merah Putih dan lainnya yang diiringi Kartika Orkestra.

Selain itu juga ada pameran alutsista yang menampilkan Panser Anoa APC, panser intai, panser V-150, kendaraan penjinak bahan peledak, Baracuda, serta alutsista lainnya.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo sebelumnya, mengajak seluruh masyarakat Indonesia melakukan doa bersama pada Apel Nusantara Bersatu secara serentak di seluruh Indonesia pada Rabu (30/11), menanggapi aksi bela Islam jilid III yang akan dilakukan pada 2 Desember 2016
"Untuk wilayah Jabodetabek dipusatkan di Silang Monas. Sedangkan di tiap-tiap provinsi dilaksanakan di lapangan masing-masing daerah, dengan memakai ikat kepala merah putih, memohon kepada Allah agar Indonesia menjadi negara yang selalu damai dan indah," kata Panglima TNI pada Selasa (29/11).

Panglima TNI juga mengajak kepada para mahasiswa, untuk berjuang dan bergotong-royong guna mewujudkan Indonesia sebagai bangsa pemenang di tengah kompetisi global sekarang ini.

"Bangsa ini adalah bangsa pejuang, ini membuktikan bahwa bangsa Indonesia bisa merdeka karena direbut melalui perjuangan yang sangat panjang dengan mengorbankan jiwa, raga serta harta, dan bukan merupakan hadiah," katanya.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga