DPRD Sumsel minta PU cek jembatan tua

id legislator, dprd sumsel, jembatan, jembatan tua, bencana alam, jembatan ambruk

DPRD Sumsel minta PU cek jembatan tua

Ilustrasi - Jembatan Musi II Palembang (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang (Antarasumsel.com) - Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sumatera Selatan Yulius Mualana meminta pihak Dinas PU Bina Marga provinsi setempat untuk mengecek jembatan-jembatan yang berusia tua di daerah tersebut.

"Jembatan-jembatan yang sudah tua itu agar dicek kondisinya," kata Yulius di Palembang, Rabu saat ditanya mengenai lantai jembatan di Desa Gunung Batu, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur yang ambruk dan jatuh ke Sungai Komering.

Menurut dia, pada 2017  banyak jembatan yang akan dibangun di Sumatera Selatan karena alokasi anggarannya cukup besar.

Sementara mengenai jembatan ambruk di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur yang menyebabkan putusnya jalur transportasi, ia menyatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan PU Bina Marga minimal dibuat jembatan sementara.

"Karena ini salah satu akibat bencana alam. Insya Allah anggarannya ada untuk itu," kata dia.

Ia mengimbau masyarakat di daerah itu yang akan membawa hasil bumi sementara ini supaya mencari jalan alternatif.

"Sekarang ini kami dalam masa reses dan akan berkoordinasi dengan pihak PU Bina Marga untuk menanggulangi masalah jembatan yang putus ini," tuturnya.

Ia menjelaskan, kalau dalam pembahasan anggaran yang sudah dilakukan ada belasan miliar rupiah untuk bencana alam di daerah tersebut.

"Nanti, kami juga akan cek dulu apakah ada sisa dana anggaran tahun 2016, minimal untuk membuat jembatan sementara sehingga masyarakat tidak terisolasi," katanya.