Pemkot Palembang bertahap kembalikan fungsi trotoar

id trotoar, kembalikan fungsinya, Pemerintah Kota Palembang, sebagai tempat aman, nyaman bagi warga

Pemkot Palembang bertahap kembalikan fungsi trotoar

Ilustrasi-Trotoar jalan sudirman. (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

....Trotoar yang ada di sejumlah ruas jalan protokol sekarang ini mulai banyak rusak karena digunakan pengemudi sepeda motor dan ada yang dijadikan tempat berdagang....
Palembang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan secara bertahap berupaya mengembalikan fungsi trotoar sebagai tempat aman dan nyaman bagi warga kota yang tidak menggunakan kendaraan bermotor atau pejalan kaki.

"Trotoar yang ada di sejumlah ruas jalan protokol sekarang ini mulai banyak rusak karena digunakan pengemudi sepeda motor untuk menghindari jalan macet dan ada yang dijadikan tempat berdagang, kondisi ini secara bertahap akan dikembalikan fungsinya sebagaimana mestinya," kata Sekda Palembang Harobin Mustafa, di Palembang, Rabu.

Menurut dia, trotoar yang sekarang ini menjadi target untuk dibenahi yakni yang berada di kawasan jalan protokol Jenderal Sudirman mulai dari halte bus pasar tradisional Cinde hingga pasar 16 Ilir Palembang.

Trotoar di jalan protokol akses menuju Jembatan Ampera itu perlu dibenahi dan dikembalikan fungsinya secara maksimal untuk mempersiapkan diri menjadi tuan rumah Asian Games 2018, dan menciptakan Kota Palembang sebagai kota layak huni berstandar internasional.

Jalan Jenderal Sudirman merupakan jalur utama dari Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang menuju kawasan pusat kegiatan olaharga Jakabaring.

Melihat letaknya yang sangat strategis perlu dilakukan pembenahan sehingga dapat menambah keindahan wajah kota ketika dilihat peserta dan tamu Asian Games, baik dari kendaraan bermotor/bus maupun kereta api ringan "Light Rail Transit-LRT" jalurnya sekarang ini dalam tahap pembangunan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman itu.

Selain itu, jika mereka ingin menikmati suasana kota dengan berjalan kaki dapat menggunakan trotoar dengan aman dan nyaman karena trotoar diperbaiki menggunakan lantai keramik mewah, didukung dengan adanya fasilitas tempat duduk untuk istirahat, dan pengamanan mencegah masuknya kendaraan bermotor dapat membahayakan pejalan kaki, kata Harobin.

Sementara Gubernur Sumsel Alex Noerdin menambahkan Pemkot Palembang diminta untuk memanfaatkan momentum sebagai tuan rumah pesta olahraga negara-negara kawasan Asia itu melakukan pembenahan infrastruktur, penambahan fasilitas umum dan sarana penunjang lainnya.

Wajah Kota Palembang harus tampak indah dan modern, sehingga bisa memberikan kesan positif kepada peserta Asian Games dan tamu yang datang untuk menyaksikan seluruh rangkaian kegiatan olahraga diselenggarakan di Bumi Sriwijaya ini, kata Alex.