Pedagang buah durian mulai ramai di Palembang

id durian, buah durian

Pedagang buah durian mulai ramai di Palembang

Seorang pedagang membantu calon pembeli memilih buah durian di Sentra Durian Pasar Kuto Palembang. (Foto Antarasumsel.com/16/Feny Selly/Parni)

Palembang (Antarasumsel.com)  - Para pedagang buah durian mulai ramai di sejumlah tempat dan pasar tradisional Kota Palembang, sejak sepekan terakhir.

Pantauan di sejumlah pasar tradisional dan kawasan tertentu di Palembang, Kamis, seperti di Pasar Sekip, pinggir Jalan Demang Lebar Daun, dan beberapa kawasan lainnya tampak tumpukan buah durian dijajakan para pedagang.

Pedagang buah durian di kawasan tersebut menggelar dagangannya di pinggir jalan dengan membuka lapak kaki lima seadanya dan memanfaatkan mobil bak terbuka.

Salah seorang pedagang buah Dedi (35) mengatakan, buah durian yang  dijajakan adalah jenis durian Medan yakni hasil cangkokan durian Medan dan durian daerah Kikim Kabupaten Lahat.

"Menjelang akhir November hingga sekarang, kebun durian milik masyarakat dan petani di wilayah Kabupaten Lahat sedang panen, sehingga dipasok ke Palembang," kata Dedi.

Ia mengaku, baru dua hari berjualan di Kota Palembang dengan membawa 600 buah lebih durian langsung dari Kota Lahat, karena ingin mencoba keberuntungan berjualan di sini.

Buah durian dijual dengan harga bervariasi tergantung besar kecilnya ukuran, antara Rp35 ribu hingga Rp55 ribu per buah, kata pedagang buah yang berjualan di pinggir Jalan Demang Lebar Daun itu.

Ia menjelaskan, harga buah musiman itu lebih mahal karena dibeli dari tingkat petani cukup tinggi.

Salah seorang pembeli, Ny Mala mengatakan harga buah durian kali ini lebih mahal dari musim sebelumnya.

Memang, kata dia, sekarang ini panen buah durian belum merata di beberapa daerah penghasil, sehingga pasokan ke pedagang pengecer jumlahnya masih terbatas yang memicu harga jual tinggi.

Biasanya, jika panen buah durian sudah merata pasokan akan melimpah dan harga jual dipatok pedagangpun lebih rendah kisaran Rp20 ribu hingga Rp30 ribu per buah.

"Namun, walaupun mahal saya tetap membeli karena buah durian adalah kesukaan keluarga dan saya membeli," katanya.