Minggu, 26 Maret 2017

MPR RI Sosialisasikan nilai empat pilar

id mpr, nilai-nilai empat pilar, Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, sosialisasi 4 pilar
MPR RI Sosialisasikan nilai empat pilar
Gedung DPR/MPR/DPD RI, Jakarta Pusat (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
....4 pilar dimaksud adalah Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara....
Merawang (Antarasumsel.com) - MPR RI menyosialisasikan nilai-nilai empat pilar yakni Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Internalisasi nilai-nilai empat pilar menjadi keniscayaan agar kita tetap mampu melestarikan nilai-nilai bangsa kita sekaligus dapat merespons secara positif berbagai pengaruh yang berpotensi melemahkan jati diri Bangsa Indonesia," kata anggota Komisi IV DPR RI, Azhar Romli, di Merawang, Kabupaten Bangka, Rabu.

Saat menjadi pembicara pada kesmepatan itu Azhar mengatakan sosialisasi empat pilar sangat penting karena masih banyak ditemukan indikasi penyelenggara negara dan masyarakat belum memahami dan melaksanakan nilai-nilai tersebut.

"Melalui Badan Sosialisasi MPR pemasyarakatan empat pilar harus terus dilakukan secara sistematis dan masif dengan jangkauan yang lebih luas, sehingga masyarakat semakin memahami nilai-nilai yang terkandung sebagai landasan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," katanya.

Ia menambahkan, empat nilai pilar merupakan warisan para pendiri bangsa yang harus diimplementasikan dalam berbagai dimensi kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara.

Empat pilar dimaksud adalah Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

"Sejak awal berdirinya Republik Indonesia kebhinnekaan merupakan kekayaan bangsa yang harus diakui, diterima dan dihormati. Kemajemukan sebagai anugerah juga harus dipertahankan, dipelihara, dan dikembangkan yang kemudian diwujudkan dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika," jelasnya.

Lebih jauh ia mengatakan MPR RI ditugasi untuk memasyarakatkan empat pilar kepada masyarakat di seluruh wilayah Tanah Air.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga